Warga Dihimbau Antisipasi Rekahan Tanah

BANDUNG — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mengungkapkan saat ini tengah berjalan peralihan musim kemarau ke musim hujan. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat yang berada di daerah lereng dan perbukitan mengantisipasi rekahan tanah yang berpotensi longsor.

“Biasanya hujan pertama kali (setelah masa peralihan) akan terasa lebih lebat. Sehingga peluang longsor bisa terjadi,” ujar Prakirawan Cuaca BMKG Bandung, Jadi Hendarmin, Jumat (12/10).

Bacaan Lainnya

Ia menuturkan, musim hujan di Kota Bandung dan sekitarnya diprediksi terjadi pada Oktober akhir atau pertengahan November mendatang. Hal itu berdasarkan, dinamika atmosfer di wilayah Barat Sumatera, dimana suhu muka lautan masih dalam kondisi netral dan cenderung dingin.

Menurutnya, kondisi tersebut membuat pasokan uap air dari wilayah Barat Sumatera berkurang sehingga berdampak awan-awan hujan di wilayah Jawa Barat tidak terbentuk. Selain itu, di masa peralihan karakteristik cuaca saat pagi cukup terik dan siang menjelang sore peluang hujan lebat dengan durasi singkat.

Selain itu, dirinya menambahkan hujan dengan intensitas lebat dan singkat terkadang disertai angin kencang dan kilat petir. Bahkan peluang hujan es dan puting beliung terjadi pada musim peralihan atau pancaroba.

Jadi menambahkan, di musim peralihan ini pihaknya juga mengimbau agar untuk beberapa daerah yang kekeringan agar berhemat air.

Selain itu, pohon-pohon yang telah lapuk dan rimbun diharapkan dipangkas untuk mengantisipasi dahan patah. “Jaga kesehatan (warga) karena suhu panas pagi hingga siang dan berbanding terbalik dengan suhu udara dingin terjadi pada malam hari,” ungkapnya.

 

(net)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *