SUKABUMI

Warga Ciemas Masih ‘Gelap’ Akibat Belum Tersentuh Listrik

SUKABUMI— Akibat belum masuknya jaringan listrik ke Kampung Colegok, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas membuat sejumlah warga harus bergelap-gelapan.

Beruntung, bagi sebagian warga ada yang memiliki biaya dengan menggunakan tenaga surya untuk memenuhi kebutuhan aliran listrik. Berdasarkan keterangan, bahwa warga tersebut sudah puluhan tahun tidak pernah terpasang jaringan listrik dari PLN.

“Baru satu tahun kami menggunakan panel tenaga surya ini untuk kebutuhan aliran listrik, selama ini kami tidak pernah mendapatkan pasokan listrik dari PLN karena warga di Kampung Cilegok, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas memang tidak pernah meminta untuk dipasang jaringan listrik dari PLN,” ujar Dudih kepada Radarsukabumi.com.

Menurut Dudih, penggunaan tenaga surya itu baru sekitar satu tahun lalu saat ada rombongan mahasiswa yang datang ke kampung untuk melakukan survei beberapa hari. Selama itu, mahasiswa yang tengah melakukan studinya pada malam hari hanya bisa menggunakan lampu cempor untuk penerangannya.

Usai melakukan survei tersebut para mahasiswa itu memberikan hadiah kepada warga di kampung yakni panel tenaga surya untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-harinya khususnya penerangan saat malam hari.

Ia mengungkapkan kenapa warga di kampung tersebut tidak pernah meminta jaringan listrik ke PLN sebab hanya dihuni lima kepala keluarga atau 19 jiwa saja. Bahkan sebelum ada Jalan Geopark Ciletuh Palabuhanratu akses jalan ke kampung itu cukup sulit.

Dengan adanya tenaga surya ini warga cukup terbantu, karena di kampungnya tersebut minim penggunaan barang elektronik. Walaupun tergantung sinar matahari tetapi panel tersebut tetap berfungsi saat musim hujan hanya saja aliran listrik sedikit redup.

(ant/die)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close