KABUPATEN SUKABUMI

Kawasan Geopark Ciletuh Terus Dimaksimalkan

PALABUHANRATU— Untuk mendongkrak wisata alam dan budaya di wilayah Geopark Ciletuh, Pemerintah Kabupaten (pemkab) Sukabumi terus berupaya mengadakan berbagai kegiatan. Diantaranya dengan akan melaksanakan rangkaian Ciletuh Geopark Festival (CGF) yang dipadukan dengan peringatan hari jadinya Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan informasi yang diketahui koran ini, pemkab akan bekerjasama dengan Provinsi dengan akan menyiapkan ragam festival seni dan budaya. Acara yang akan berlangsung pada 12 sampai 14 Oktober 2018 ini juga akan diisi dengan Prosesi Syukuran Bumi (Pembukaan CGF 2018) dan berbagai kegiatan seni pertunjukan. Ajang ini sekaligus mengangkat ragam potensi seni, budaya dan pariwisata yang ada di Kabupaten Sukabumi . Sehingga Sukabumi bisa jadi pendamping Kawasan destinasi wista prioritas yang di akui dunia.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabum Dana Budiman mengatakan, rangkaian Ciletuh Geopark Festival (CGF) adalah kegiatan provinsi dan daerah yang di padukan dengan peringatan HUT Kabupaten dengan diisi dengan berbagai acara. “Pada tanggal 12 kita adakan acara Prosesi Syukuran Bumi Sinaresmi, tanggal 13 masih di Sinaresmi dengan pelepasan geo trail run marthon dan pagelatan seni, lomba seni budaya, pada 14 pagelaran Sunrise di Geocamp Musik Adventur Bukit Hilal dengan penutupan pagelaran wayang golek di Panenjoan,”jelasnya.

Sementara itu, Kabid Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Asep Ruswanda mengatakan, acara pembukaan akan dipusatkan di Kampung Adat Sinaresmi, dan Penutupan di Panenjoan Geopatk Ciletuh. “Rangkaian CGF ini untuk meningkatkan potensi wisata Palabuhanratu,-geopark Ciletuh,”katanya.

Ditempat terpisah, Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan promosi pariwisata Palabuhanratu-Geopatk Ciletuh Termasuk suguhan wayang kekinian Wayang Golek dan Prosesi Syukuran Bumi Sinaresmi dapat mengangkat potensi destinasi yang sangat luar biasa dan memiliki keunikan tersendiri.

“Banyak destinasi wisata di Kabupaten Sukabumi ini yang harus kemudian kita tata, gali dan maksimalkan dengan promosi. Salah satunya di rangkaian CGF 2018, untuk meningkatkan promosi wisata Kabupaten Sukabumi,”tandasnya.

 

(cr1/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close