PENDIDIKAN

Belajar Sambil Praktik di TMII

SUKABUMI – Ratusan murid SD Negeri (SDN) Dewi Sartika CBM Kota Sukabumi memadati kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Selasa (9/10). Kedatangan mereka untuk mengikuti kegiatan sekolah yakni mengembangkan model pembelajaran di luar kelas yang dicanangkan dalam program edukasi atau study tour.

Wakil Kepala SDN Dewi Sartika CBM Bidang Kurikulum R. Histato D. Kobasah mengatakan, kunjungan ke TMII ini untuk merealisasikan program sekolah yang sudah ada. Dalam kegiatannya, murid yang bisa ikut kegiatan ini mulai dari kelas I-VI.

“Antusiasnya sangat tinggi, mungkin mereka biasa belajar di dalam kelas, ini kita belajar sambil praktik langsung jadi anak lebih ceria dan senang,”ucap Histato kepada Radar Sukabumi, Kamis (11/10).

Study tour ini berlangsung dalam dua sesi. Sesi pertama, kunjungan edukatif ke taman air tawar dan taman serangga khusus untuk kelas I hingga kelas III. Sementara sesi kedua, untuk kelas IV hingga VI akan melakukan kunjungan ke Museum Iptek. Kedua lokasi itu terletak di TMII. Para peserta outdoor akan diberi tugas membuat Lembar Kerja Siswa (LKS) berisi laporan kunjungan.

Selama mengikuti kegiatan, mereka menyimak dan melihat objek pelajaran di lokasi. Sebagian dari mereka mengaku baru pertama kali, melihat ikan dan serangga jenis tertentu.

Sambil mengamati objek iptek, mereka juga sibuk mengisi LKS.

Murid harus menjawab beberapa pertanyaan menyangkut dunia air tawar dan serangga. Mereka dibimbing oleh orang tuanya masing-masing, ketika mengerjakan soal pada LKS dari sekolah.

Semenatara itu, salah seorang orang tua murid yang juga ikut dalam kegiatan study tour,
Dini Novianti menyambut positif kegiatan ini.

Kegiatan outdoor yang diikutinya penting untuk meningkatkan silaturahmi di antara para orang tua, guru dan murid. Manfaatnya sangat besar, karena bukan sekadar piknik atau liburan, melainkan kegiatan yang bermanfaat dan ada hubungannya dengan pelajaran.

“Outdoor ini mendorong anak untuk lebih semangat dan kreatif dalam belajar. Jadi mereka tidak stres dan bosen karena berada di dalam kelas terus-menerus. Melalui kegiatan ini, mereka bisa belajar sambil refreshing,”tutupnya.

 

(wdy)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close