KABUPATEN SUKABUMISUKABUMI

Sungai Cicatih Kembali ‘Menangis’

Gara-gara Limbah Pencucian Pasir Kuarsa

CIBADAK— Kerusakan lingkungan masih terus dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang berada di bantaran sungai Cicatih, kali ini dilakukan oleh PT Sukabumi Silica Resources (SSR) yang bergerak dalam pencucian pasir kuarsa dengan membuang limbahnya ke sungai.

Akibatnya, sungai yang seharusnya menjadi sumber kehidupan yang dipergunakan untuk mengaliri ladang sawah, sekarang kondisinya terus tercemar.

Hal tersebut, membuat keresesahan sejumlah warga, diantaranya warga Kampung Bantarmuncang, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, yang kembali mengeluhkan kondisi Sungai Cicatih yang melangalami kekeruhan.

Salah seorang warga Ilyas (25) mengatakan, warga dari Rw 7, 10 dan 11 geram karena perusahaan pencucian pasir kuarsa milik PT SSR tersebut membuang limbahnya ke sungai Cicatih. Padahal, saat pendirian perusahaan tersebut sudah berkomitmen dengan warga sekitar tidak akan membuang limbah langsung ke sungai.

“Warga di tiga ke-RWan ini merasa terganganggu dengan pencemaran tersebut karena air sungai sering digunakan warga untuk kebutuhan sehari-hari apalagi saat musim kemarau,” kata Ilyas kepada Radar Sukabumi, belum lama ini.

Hal senada dikeluhkan Heri Pratama (31), perusahaan tersebut kabarnya sudah beberapa kali disidak Satpol PP Kecamatan Cibadak dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi. Tetapi, tetap saja perusahaan itu membandel dengan membuang limbah ke sungai.

1 2Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close