KPU Siap Bekerja

SUKABUMI– Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota dan Kabupaten Sukabumi periode 2018-2023 sudah resmi dilantik oleh KPU Republik Indonesia. Nama-nama yang baru dan incumbent menyatakan siap untuk bekerja guna mensukseskan Pemilu 2019 mendatang. Bahkan berdasarkan informasi yang diketahui koran ini, KPU kota baik kabupaten sudah memiliki ketua masing-masing.

Seperti KPU Kota Sukabumi misalnya, berdasarkan rapat pleno KPU seusai pelantikan, seluruh komisoner menunjuk dan menyetujui secara mufakat bahwa Sri Utami menjadi Ketua KPU Kota Sukabumi.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah ini merupakan keputusan secara bersama dan mufakat. Banyak pertimbangan yang dikemukakan oleh temen-temen dan akhrinya saya diberikan amanah menjadi Ketua KPU selanjutnya,” ujar Sri Utami, kemarin.

Dalam peraturan sekarang ini Ketua KPU itu memegang divisi perencanaan, SDM dan keuangan. Sedangkan untuk divisi lainnya diantaranya divisi teknis dan logistik, Agung Dugaswara
, divisi data dan informasi, Harlan Awaludin
, divisi sosialisasi, Ratna Istianah
dan divisi hukum,Siska Agustia. ” Formasi ini sudah melalui kesepakatan bersama. Semoga komisioner barui ini bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ungkapnya.

Dibawah kepimpinan Utami, kedepannya akan mengutamakan tiga hal yakni Transpransi, Solidaritas dan Integritas. Dengan begitu KPU Kota Sukabumi kedepannya bisa lebih baik lagi dalam menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan aturan.

” Kita ini harus transparan baik itu kepada publik atau internal disini. Juga membangun solidaritas yang kuat dan tetap menjaga integritas dengan komisioner, sekretariat dan perangkat dibawahnya,” ujarnya.

Tak hanya itu, Sri Utami juga akan membangun hubungan emosiolan dan sinergitas dengan Pemerintah daerah dan Muspida di Kota Sukabumi. ” Mohon dukungan dan doanya agar bisa berjalan seusai dengan harapan kita semua,”ucapnya.

Adapun untuk, target KPU Kota Sukabumi dalam waktu dekat ini ingin menyukseskan pemilu 2019 dengan tanpa ekses. Artinya pemilihan legislatif dan presiden di Kota Sukabumio bisa berjalan aman, lancar dan damai. “Target itu akan kam capai dengan integritas yangtinggi dan kerja keras untuk mewujudkan semua itu,” jelasnya.

Sementara itu KPU Kabupaten Sudah mengadakan pleno dengan cara kekeluargaan. Menurut ketua KPU terpilih, Ferry Gustaman menjelaskan pleno penentuan formasi sesuai dengan kualifikasi masing-masing. Ada 3 Komisioner yang bermuka lama yakni Ferry Gustaman, Meri Sariningsih dan Ayi Saepudin. Sementara pendatang baru yakni Hamdan Sapari, dan Budi Ardiansyah.

“Yang baru, sebetulnya berlatarbelakang PPK Bantargadung dan Budi Ardiansyah sebagai mantan Panwaskab Kabupaten Sukabumi 2015 lalu, artinya komposisi komisioner sekarang sudah siap bekerja cepat melaksanakan tahapan pemilu 2019, “jelasnya.

Menurutnya, tantangan pemilu tahun 2019, berbeda dengan sebelumnya. Dimana sekarang secara serentak memilih 5 jenis pemilihan dapat disebut juga pemilu lima kotak. Namun, komitment sesuai dengan fakta integritas kesolidan serta dengan mekanisme yang saat ini full sistem, maka pemilu 2019 akan berjalan dan melindungi hak pilih seluruh masyarakat.

“Tujuan kami sesuai dengan Undang-undang No 7 tahun 2018 salah satunya mewujudkan pemilu yang adil dan berintegritas, “tukasnya.

 

(bal/hnd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *