RS Betha Medika

INGIN KEREN ? SUKSESKAN JKN !

dr. Raditya Asri Wisuda, MARS

Perlu berobat, tapi tidak memiliki uang ? Perlu berobat, tapi kurang faham, harus berobat kemana dahulu ? Mendapatkan keluarga terkena kondisi sakit yang kritis, berkepanjangan, namun bingung, kondisi ekonomi, maupun pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan pada kondisi ini, belum sepenuhnya faham?

Para pembaca sekalian, beberapa contoh cuplikan situasi inilah yang saat ini, kebanyakan dari situasi tersebut, bisa teratasi dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), yang dalam hal ini, BPJS Kesehatan menjadi lembaga pemegang amanah untuk melaksanakan pengelolaannya

Berbagai mekanisme telah dibuat aturannya dengan jelas dan semakin detail dari waktu ke waktu, “fully regulated”, mengapa? Karena untuk hal sepenting ini, seprioritas ini, negara perlu turun tangan, negara perlu menyediakan resource, sumber daya, baik uang, sdm, sistem, aturan main, dan semuanya harus dapat dipertanggungjawabkan secara akuntabel.

JKN memberikan akses layanan kesehatan sesuai standar bagi seluruh warga negara, baik yang secara finansial memiliki kemampuan, maupun yang sedang dalam kondisi tidak belum memiliki kemampuan finansial.

Seperti halnya di berbagai negara di seluruh dunia, program seperti ini bisa berjalan, hanya jika “law of large number” berjalan dengan baik. Karenanya pemerintah mewajibkan seluruh warga negaranya terdaftar dalam program ini, selain memang kesehatan tentunya merupakan kebutuhan dasar bagi setiap kita, dan JKN merupakan pilihan yang paling terjangkau secara nilai keekonomian.

Para pembaca sekalian, kami sebagai praktisi kesehatan, yang kesehariannya berhadapan dengan orang yang memerlukan layanan kesehatan, menyaksikan betul betapa banyak masyarakat yang sebelum era JKN mungkin kesulitan mendapat akses kesehatan, karena alasan ekonomi, saat ini begitu bermanfaatnya JKN ini, mereka bisa mendaptkan layanan sesuai standar, sehingga bisa berikhtiar untuk kesembuhan diri atau keluarganya.

Bahkan jikalaupun ternyata diantara mereka, memerlukan layanan kesehatan yang lebih advance, yang lebih tinggi tingkatannya, karena kondisi kesehatan yang kritis misalnya, cuci darah, kemoterapi, itupun tetap mereka bisa mendapatkan layanan tersebut, tentunya sesuai regulasi yang ada, ini betul betul sebuah berkah bagi bangsa ini

Layaknya sebuah tanaman, hal yang baik, sangat perlu untuk kita jaga, kita beri pupuk, kita sirami dengan cukup, perlu terkena cahaya matahari, perlu dibersihkan tanah terdekatnya dari kotoran maupun tanaman-tanaman yang mengganggu. Agar tanaman baik ini bisa terus menerus tumbuh semakin besar, semakin rindang, sehingga semakin banyak yang bisa berteduh dibawahnya.

Begitu pula JKN, dalam masa-masa yang sangat menantang di beberapa waktu terakhir ini, sangat perlu kita bersama berpegangan tangan menjaga keberlangsungannya, sesuai dengan peran kita masing-masing. Kami yang berada di rumah sakit, wajib selalu melaksanakan JKN sesuai aturan main.

Untuk masyarakat para pengguna JKN juga perlu berperan sesuai perannya, contoh paling sederhana, bagi para pengiur mandiri adalah keberlangsungan pembayaran premi. Selain secara aturan main salah, jika kita telat atau tidak membayar premi, perlindungan kesehatan kita bisa terhenti.

Dan yang jangan lupa, hal tersebut ibaratnya tanaman tadi, membuat tanaman kebaikan kita bersama, terancam rusak dan mati, karena tak tersirami, terpupuk dan terjaga dengan baik

Selain itu, ikutlah serta dengan berbagai regulasi yang sudah ditetapkan, rujukan berjenjang misalnya, merupakan sebuah mekanisme yang ditetapkan, agar dalam jangka panjang, masyarakat dapat mendapatkan layanan medis yang lebih merata,, lebih nyaman, dan sesuai pada porsi sesuai kebutuhannya.

Kebutuhan rujukan telah diatur dengan detail oleh negara, dengan mempertimbangkan kebutuhan orang banyak. Rujukan ini bukanlah hal yang bisa semua kita melakukan request atau permintaan, tanpa mengindahkan aturan main. Agar dalam jangka panjang, seluruh pelayan kesehatan terpacu untuk memberikan layanan kesehatan yang semakin berkualitas dari waktu ke waktu

Sederhananya, berperanlah sesuai peran kita, bagi saya, bagi anda, bayarlah premi tepat waktu, taatlah pada aturan yang telah ditetapkan, karena semuanya untuk kebaikan kita dalam jangka panjang Ingin keren? Sukseskan JKN !

 

(*)

loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close