Badan Anda Mudah Lemas? Ini 6 Penyebabnya

RADARSUKABUMI.com – Memiliki badan yang sehat dan bugar merupakan hal yang membahagiakan. Ini karena kondisi badan yang demikian membuat beragam aktivitas lebih mudah dilakukan. Beda halnya jika Anda selalu mengalami badan lemas, melakukan aktivitas sederhana saja pasti terasa menyulitkan.

Tidak dimungkiri, badan lemas memang menjadi salah satu penghambat aktivitas. Bahkan, bila terjadi secara berkelanjutan, kualitas hidup Anda juga bisa mengalami gangguan yang berarti.

Bacaan Lainnya

Ada beberapa penyebab badan lemas yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut beberapa di antaranya:

1. Anemia
Saat Anda berobat ke klinik dan mengeluh badan lemas sepanjang waktu, hal pertama yang akan dilontarkan oleh dokter mungkin anemia alias kurang darah. Pasalnya, gangguan kesehatan ini bisa dengan mudah dicek dengan tes darah.

Dilansir dari Reader’s Digest, anemia merupakan kondisi saat darah Anda tidak membawa cukup oksigen ke seluruh tubuh akibat kekurangan zat besi. Biasanya, keluhan badan lemas yang terjadi akibat anemia akan dilengkapi dengan rasa dingin, pusing, mudah tersinggung, dan sakit kepala.

2. Gangguan tiroid
Tiroid merupakan kelenjar berbentuk seperti kupu-kupu yang terdapat di daerah leher dan menghasilkan hormon tiroid.

“Tak banyak yang tahu bahwa hormon ini memiliki peran yang esensial dalam tubuh manusia,” jelas dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter.

Kelenjar tersebut bisa terkena dua masalah, yaitu hipertiroid (kebanyakan memproduksi hormon tiroid), dan hipotiroid (kekurangan produksi hormon tiroid). Nah, kalau Anda sering mengalami badan lemas, ada kemungkinan bahwa yang terjadi adalah hipotiroid. Apalagi bila gejalanya disertai dengan kulit kering, sering mengantuk, tidak tahan terhadap suhu dingin, dan adanya kenaikan berat badan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *