EKONOMI

Tiga Komoditi Turun Harga

CIKOLE– Kabar gembira datang bagi ibu-ibu rumah tangga yang setiap harinya belanja ke pasar tradisional yang ada di Kota Sukabumi. Lantaran, pekan ini tiga komoditi mengalami penurunan yang cukup menggiurkan.

Mulai dari daging kambing yang turun harga hingga 9,09 persen dari harga Rp 110 ribu menjadi Rp 100 ribu dalam setiap kilogramnya, telur ayam ras dari harga Rp 24 ribu menjadi Rp 23 ribu dalam setiap satu kilogramnya dan bawang putih dari Rp 24 ribu menjadi Rp 22 ribu dalam setiap kilogramnya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi, Ayep Supriatna mengungkapkan, pasokan ketiga komoditi ini mengalami peningkatan, sedangkan permintan mengalami penurunan, sehingga harganya terkoreksi turun.

“Penurunan ketiga komoditi ini karena hukum pasar, ketika pasokan melimpah, sedangkan permintaan menurun, pastinya berdampak pada penurunan harga,” jelasnya.

Sementara harga barang-barang pokok dan barang-barang penting strategis lainnya , lanjut Ayep, relatif stabil, serta fluktuasi harganya pun masih dalam batas kewajaran. “Untuk fluktuatif komoditi dan kebutuhan pokok lainnya stabil, termasuk persediaan cukup terpantau aman,” ujarnya.

Kabar penurunan tiga komoditi tersebut di respon baik oleh beberapa ibu rumah tangga, salah satunya Neng Fauziah (28), warga Kelurahan Gunungpuyuh, Kecamatan Gunungpuyuh. Menurutnya, kendati harga telur hanya satu ribu rupiah, namun bagi dirinya yang berjualan masakan ini cukup berpengaruh.

“Tentunya itu agar baik, terutama telur ya dan bawang putih karena itu merupakan kebutuhan pokok setiap berjualan. Tapi kalau bisa, harga telur ditekan kembali,” imbuhnya. (upi/d).

loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close