KPK Turun ke Sungai Cipelang

GUNUNGPUYUH– Aksi kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dilakukan oleh puluhan warga RW 7, Kelurahan/Kecamatan Gunungpuyuh. Warga yang tergabung dalam wadah Kota Paris Kulon (KPK) ini, menyisir sungai Cipelang untuk memungut sampah yang berserakan.

Kepada Radar Sukabumi, Ketua RW 7, Kelurahan/Kecamatan Gunungpuyuh, Iing Solihin mengaku, aksi bersih-bersih sungai Cipelang ini dilakukan atas inisiatif warga yang prihatin terhadap kondisi sungai. “Gerakan bersih-bersih ini murni gerakan warga, karena memang sampah yang berada di sungai ini cukup memprihatinkan. Selain itu, jika dibiarkan bisa berbahaya terhadap lingkungan dan kesehatan,” jelasnya kepada Radar Sukabumi, kemarin (20/9).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, aksi bersih-bersih sungai itu akan dijadikan agenda rutinannya. Selain itu, aksi tersebut juga dilakukan untuk antisipasi datangnya musim hujan. “Ya, sebentar lagi kan masuk musim hujan. Bahkan, sekarang pun hujan mulai turun. Kami khawatir saja, jika tumpukan sampah terus dibiarkan bakal menyumbat aliran sungai dan meluap kerumah warga,” tutupnya.

Sementara itu, Lurah Gunungpuyuh, Tri Hastuti mengapresiasi gerakan bersih-bersih sungai yang dilakukan warganya. Menurutnya, hal itu mencerminkan kesadaran masyarakat tentang kepedulian terhadap sampah. “Ini merupakan gerakan kesadaran, dimana meraka menyadari bahwa kebersihan dan sampah bukan hanya tugas pemerintah saja, melainkan juga keterlibatan dan partisipasi dari masyarakat,” tambahnya.

Berkaca dari beberapa tahun sebelumnya, lanjut Tri, anak sungai Cipelang pernah meluap kepemukiman warga dilingkungan RW 7. Dirinya menjamin, jika masyarakat peduli terhadap kebersihan hal tersebut tidak akan terjadi. “Ya, anak sungai Cipelang itu pernah meluap hingga masuk keruang warga. Alhamdulillah, saat ini karang taruna lokatmala RW 7 yang juga tergabung dalam KPK peduli terhadap kebersihan,” pungkasnya.

 

(upi/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *