Tidur Bisa Bakar Kalori Tubuh? Ini Penjelasannya

RADARSUKABUMI.com – Saat memikirkan bagaimana cara membakar kalori, hal pertama yang mungkin terlintas di pikiran Anda adalah berolahraga. Ya, hal itu memang benar. Namun, selain olahraga, tahukah Anda bahwa membakar kalori juga bisa dilakukan dengan tidur?

Ya, tidur terbukti bisa membakar kalori meski jumlahnya tergolong sulit diketahui. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh direktur Neurodiagnostics dan Sleep Science di UNC School of Medicine, Mary Ellen Wells, Ph. D.

Bacaan Lainnya

“Kalori tetap bisa terbakar saat tidur, karena tidur bukanlah aktivitas pasif. Namun, sangat sulit untuk mengetahui seberapa banyak jumlah kalori yang terbakar saat tidur,” kata Wells.

Lebih lanjut, Wells mengatakan, jumlah kalori yang terbakar saat tidur sangat bervariasi. Hal ini dipengaruhi banyak hal, termasuk faktor genetik dan kondisi tubuh saat tidur.

Menghitung kalori yang terbakar selama tidur

Jumlah kalori yang dibakar saat tubuh sedang beristirahat istirahat disebut dengan tingkat metabolisme basal (TMB). Jumlahnya bisa bervariasi, tergantung pada berat badan, tinggi, dan usia seseorang. Akan tetapi, rata-rata yang terbakar saat tidur adalah sebanyak 45 kalori per jam.

Adapun rumus untuk menghintung total kalori yang terbakar saat tidur, yaitu:

(TMB per jam) x 0,95 x jam tidur

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *