Sungai Cikupa ‘Dibanjiri’ Sampah

Sebab itu, warga setempat sudah berupaya melakukan bersih-nersih lokasi dengan menggunakan alat seadanya. Bahkan, warga sudah memberitahukan kepada pemerintah setempat terkait persoalan sampah tersebut.

“Warga yang peduli akan lingkungan sudah berupaya melakukan bersih-bersih. Kami juga sudah menginformasikannya kepada pemerintah, dan pemerintah setempat sudah melakukan pengecekan kelokasi. Kami harap, pemerintah membuang bak penampungan sampah sehingga tidak berceceran lagi, “imbuhnya.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Camat Cisaat Budianto menuturkan, sebetulnya dirinya sudah memerintahkan Kasi Trantib dan yang lainnya untuk melakukan pengecekan langsung lapangan. Hasilnya, di lokasi memang terdapat tumpukan sampah dari masyarakat yang membuangnya ke sungai irigasi. “Selain itu, kami juga memerintahkan Kepala Desa (Kades) untuk segera menggerakan masyarakat agar

sama-sama membersihkan sampah serta mengusulkan dinas terkait untuk pembuatan TPS dan masalah pengangkutan sampah dari lokasi tersebut,”tutur Budianto.

Tak hanya itu, dirinya mengklaim pemerintah juga tak hentinya melakukan penyuluhan terhadap masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Namun, hingga saat ini kesadaran masyarakat dinilai masih minim. Hal tersebut, terbukti dari masih banyaknya sampah yang berceceran.

“Dalam berbagai kegiatan kami sudah sering melakukan penyuluhan terkait persolan sampah. Kami minta kesadaran warga untuk tidak sembarangan membuang smapah apalagi membuangnya ke sungai,” pungkasnya.

 

(cr16/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *