KABUPATEN SUKABUMI

Sungai Cikupa ‘Dibanjiri’ Sampah

RADARSUKABUMI.com – CISAAT— Akibat tidak memiliki penampungan sampah, sungai Cikupa yang berada di Kampung Ciroyom Legok Rt (27/7) Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat dibanjiri oleh sampah. Akibatnya, pencemaran sungai tidak bisa dihindari.

Beruntung, warga yang peduli lingkungan langsung berusaha membersihkan sampah sebelum musim hujan benar-benar tiba. Jika tidak, ditakutkan akibat terjadinya penumpukan sampah akan berakibat pada bencana bajir dan penyakit akibat bau tak sedap.

Ai (32), Salah seorang warga setempat sekaligus tergabung dalam Komunitas Peduli Ciliwung mengatakan, sampah yang menggunung tersebut akibat tidak adanya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di wilayah tersebut sehingga banyak masyarakat yang membuang sampah di sungai itu.

“Ya, banyaknya sampah disini (sungai Cikupa) karena tidak ada penampungan sampah sehingga masyarakat membuangnya ke sungai, “kata Ai kepada koran ini, kemarin (14/9).

Menurutnya, dengan adanya tumpukan sampah di sungai tersebut tentunya sangat menggang kesehatan warga. Terlebih, air sungai yang tercemari itu apabila musim kemarau kerap dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari. Misalnya saja, keperluan mencuci dan mandi warga.

“Tentunya hal itu tidak baik untuk kesehatan selain menimbulkan bau busuk juga aliran sungai tercemari sedangkan warga setempat kerap dimanfaatkan untuk keperluan mandi dan mencuci, ” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close