Rakyat Tiongkok ‘Lengserkan’ Nike dan Apple

RADARSUKABUMI.com – JAKARTA – Posisi Nike dan Apple yang menjadi produk favorit masyarakat Tiongkok tahun lalu terjun bebas. Kini merk sepatu dan ponsel yang telah mendunia itu kalah dengan merk ponsel buatan Tiongkok dan raksasa pengiriman makanan Meituan Dianoing sebagai merk-merk favorit.

Sebelumnya, merk-merk multinasional tersebut sangat digemari masyarakat Tiongkok. Dari 50 merk yang paling digandrungi, Apple, Nike, hingga IKEA sempat berada diposisi puncak. Kini merk dagang asal Tiongkok mengambil 30 slot dari 50 merk favorit dimana Alibaba berada di posisi teratas.

“Merek China lebih baik dalam memanfaatkan media sosial untuk menjangkau pembeli di China,” kata Catherine Lim, analis Intelijen Bloomberg, Jumat (14/9). Survei tersebut meminta 13.000 konsumen Cina untuk menentukan peringkat merek yang inovatif, praktis, berfokus pada pelanggan, dan inspiratif, menurut laporan tersebut.

Meituan Dianping menembus ke 10 besar untuk pertama kalinya. Kajian makanan dan pengiriman raksasa Tiongkok dikatakan telah meningkatkan sekitar USD4,2 miliar setelah pengumuman bakal public expose pada 20 September. Perusahaan telah menarik investasi dari miliarder Hong Kong, Li Ka-shing, orang terkaya di wilayah itu.

Survei ini dapat menunjukkan lebih banyak masalah bagi Apple Inc. di Tiongkok, pasar terbesar kedua setelah AS. Palo Alto, perusahaan yang berbasis di California telah berjuang di sana ketika rival dalam negeri seperti Huawei Technologies Co. dan Xiaomi Corp semakin populer.

Di kota-kota terbesar Tiongkok, mistik merek asing memudar, kata Benoit Garbe, seorang mitra senior di Shanghai. “Konsumen semakin canggih,” katanya. “Kami melihat merk lokal – yang bagus – bermunculan sebagai lebih relevan,” tambahnya.

Banyak merk besar Barat lainnya yang terjun dari daftar 10 teratas yang disukai oleh konsumen Cina tahun ini. Nike Inc. jatuh ke posisi No. 44 sementara pembuat mobil mewah BMW AG jatuh ke posisi ke-46. Begitupun Estee Lauder Cos. yang turun ke posisi ke-22, meskipun tetap menjadi label peringkat teratas untuk kosmetik.

Penjual perabot rumah tangga Ikea dari Swedia AB, yang tadinya menempati peringkat keempat pada daftar tahun lalu, pada tahun ini tidak masuk dalam daftar 30 teratas.

 

(uji/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *