BANDUNG

Pemprov Jabar Adopsi Teknologi Korsel

RADARSUKABUMI.com – BANDUNG– Rencana Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan memasang pembatas jalan dengan teknologi Korea Selatan disambut baik. Hal itu dinilai ide yang baik untuk mengantisipasi kecelakaan di jalur-jalur tengkorak wilayah Jawa Barat (Jabar).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik menyetujui akan gagasan tersebut. Bahkan pihaknya akan segera mengajukan anggaran untuk mengadopsi teknologi Korsel itu.

“Iya kita pasanglah, nanti kita ajukan di alokasi anggaran. Kita akan pasang di tempat tempat yang rawan. Karena itu kan ada rel jadi nantinya (begitu nabrak) melipir ke jalan lagi,” kata Dedi di Gedung Sate Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/9).

Rencana pembatas jalan silinder itu akan dipasang di beberapa titik jalur tengkorak di wilayah Jabar. Karena menurutnya wilayah Jabar termasuk yang memiliki banyak jalur rawan kecelakaan.

Adapun Jalur-jalur tersebut yakni Tanjakan Aman Subang, Tanjakan Selarong antara Cianjur-Sukabumi, Gentong Tasikmalaya, Cikijing Majalengka, Cadas Pangeran, Tanjakan Nyalindung Sumedang, dan Tanjakan Wado.

Namun, hingga saat ini perihal anggaran biaya pengadaan barang jasa itu belum diketahui. Karena barang tersebut hanya ada di Korea Selatan. “Anggaran belum tahu nanti kita informasikan karena itu produknya di Korea Selatan. Nanti kita coba (cari) kalau ada di sini ya bagus,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya ide dari Ridwan Kamil akan menjadi suatu solusi yang berbeda. Bahkan diketahui, pembatas ini kuat jika dibentur atau ditabrak kendaraan besar. “Ide dari Gubernur sesuatu yang berbeda.

Karena yang biasa kena benturan hancur kalau ini tidak hancur tapi (bisa) melambat kecepatan kendaraan. Tapi escape road itu juga perlu (antisipasi) jika terjadi rem blong, maka harus ada,” tuturnya.

Dengan adanya fasilitas atau pembatas jalan baru ini merupakan sebagai upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam memilimalisir angka kecelakaan di jalur tengkorak. Sehingga masyarakat yang melintas pun merasa aman, nyaman, dan aman sampai tempat tujuan.

 

(ona/JPC)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close