CIANJUR

Ini Cara Pemkab Cianjur,, Atasi Banjir ?

RADARSUKABUMI.com – CIANJUR – Pemerintah Kabupaten Cianjur berencana menggunakan jasa konsultan untuk penataan saluran drainase supaya Cianjur tak akan terkena banjir hingga puluhan tahun ke depan.

Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, rencana itu diambil setelah melakukan rapat bersama sejumlah Organisasi Perangakat Daerah (OPD), terutama Dinas Pekerjaan Umur dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Cianjur.

“Solusinya seperti itu, pada 2019 akan ada konsultan yang merencanakan penanganan banjir ke depannya. Sehingga diharapkan Cianjur bebas banjir hingga puluhan tahun ke depan,” katanya.

Menurutnya, dalam penanganan pada tahun depan, OPD yang terlibat ialah Dinas PUPR, DInas Pemukiman Perumahan dan Pertanahan, serta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur.

“Tidak bisa satu OPD, tapi harus ditangani bersama oleh OPD terkait. Misalnya jika masalah sampai ke drainase oleh DLH, sedangkan untuk pemukiman sesuai perencanaan penataan kota oleh Kimrum, dan drainase yang tertutup oleh PUPR,” kata dia.

Namun, lanjut dia, untuk penanganan darurat akan dianggarkan untuk penanganan sementara di perubahan anggaran 2018. Sementara setiap hujan, tim dari Bidang Irigasi Dinas PUPR bakal menjalankan piket.

“Nanti ada piket dari PUPR dan OPD lainnya. Jadi setiap turun hujan mereka siaga untuk penanganan darurat,” pungkasnya.

 

(radar cianjur/ndk)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close