Awan Kiasan untuk Pemburu Turis

Alibaba tidak akan terganggu. Zhang sudah teruji. Tiga tahun terakhir. Selama Zhang jadi CEO. Alibaba tetap melejit. Banyak sekali ide Zhang. Salah satunya adalah: hari belanja. Bukan hari pahlawan atau hari santri atau hari guru.

Ide itu muncul saat Zhang baru dua tahun di Alibaba. Di hari yang sudah ditetapkan itu siapa pun yang belanja dapat diskon khusus. Tentu harus lewat Alibaba. Tahun pertama hari belanja itu mengejutkan. Omsetnya 50 juta dolar. Itu 9 tahun lalu.

Bacaan Lainnya

Tahun kemarin omset satu hari itu sudah mencapai 25 miliar dolar. Zhang sendiri menamakan hari belanja itu Double Eleven. Artinya: tiap tanggal 11 bulan 11. Hari itu adalah hari belanja. Mungkin saja, kelak, tanggal 11 Nopember akan lebih dikenal sebagai hari apa. Dibanding 10 Nopember atau 25 Desember.

Zhang tentu tidak akan bisa menjadi Jack Ma. Tapi bisa mengalahkannya. Di awal karirnya dulu nama Daniel Zhang tidak dikenal. Nama aslinya pun tidak disebut: Zhang Yong. Orang sekitarnya memanggilnya Xiao Yao Zi. Adik kecil yang maunya sendiri dan tidak bisa dikekang sama sekali. Anak liar. Dan berbahagialah yang punya anak liar. Siapa tahu bisa seperti Daniel Zhang.

 

(dahlan iskan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *