Shinta Amalina Hazrati Havidz, Peraih Penghargaan Doktor Termuda di Tiongkok dari Muri

Itulah rekor atas nama Shinta yang tercatat di Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) pada 17 Mei 2018. Pada tanggal itulah Shinta menjalani sidang untuk meraih gelar PhD. Dia berhasil menyelesaikan studi program doktor pada usia 25 tahun 11 bulan.

Raihan berujung rekor itu didapat lewat jalan panjang yang tak mudah. Shinta mengaku, studinya sebenarnya biasa-biasa saja. Bahkan, saat lulus sarjana strata satu, dia pun tak mendapatkan predikat cum laude. Saat bersekolah di SMPN 7 Kota Jambi, dia mencoba mendaftar kelas akselerasi, juga tidak masuk.

Yang membuat studinya hingga meraih gelar doktor lebih cepat, katanya, adalah dia memulai lebih awal. Saat usia 5 tahun dia sudah masuk SD Islam Al Falah Jambi. ”Saya ini sebenarnya follower kakak. Kuliah di Wuhan juga ikut kakak, bahkan jurusannya pun sama,” kata Shinta.

Seporsi mi di atas hot plate hampir lindang disantap putri kedua di antara empat bersaudara pasangan Prof M. Havidz Aima dan Hernawati Wibawati Retno Wiratih itu. Teh manis lalu diteguk.Bimbim, begitu Shinta memanggil sang kakak Hazimi Bimaruci Hazrati Havids, kuliah terlebih dahulu di WUT. Pada semester genap Shinta menyusul. mata kuliah semester ketiga dia ambil di semester pertama. Sedangkan semester keempat fokus menyelesaikan tesis tentang pebedaan bank konvensional dan bank syariah.

Proses adaptasi selama di Tiongkok tak berlangsung mudah. Di Wuhan, perempuan kelahiran Jambi itu sering kaget dengan cara warga setempat berbicara. Yang selalu dengan nada tinggi. ”Seperti ngajak berantem. Saat berkesempatan ke Beijing, barulah terbuka pikiran saya ternyata orangnya ramah-ramah,” jelas alumnus President University, Bekasi, itu.

Sampai kemudian kuliah master akhirnya bisa dia selesaikan. Dan, terjadilah insiden wisuda yang menyesakkan itu. Sisa-sisa kekecewaan tersebut bahkan seperti masih berjejak saat dia menceritakannya kepada Jawa Pos.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *