SUKABUMIUNIVERSITAS NUSA PUTRA

DKV Universitas Nusa Putra Pionir di Sukabumi, 100% Lulusan Diserap Dunia Kerja

Tidak hanya mendulang prestasi, namun pada beberapa event yang digelar di Ban­dung dan Jakarta, mahasiswa DKV NPU diundang untuk menjadi narasumber.

Program Studi (Prodi), Disain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Nusa Putra (NPU) merupakan pioner dan satu-satunya di Sukabumi. Demikian dikemukakan Ketua Prodi sekaligus dosen Prodi DKV NPU Arif Johari ka­tanya kepada Radar Suka­bumi pekan lalu, Prodi DKV digagas sejak 2013. Lebih jauh, pria kelahiran Kuning­an, Jawa Barat, 22 janu­ari 1981 tersebut me­ngatakan,

Pro­di DKV terus berkembang.

Berikut empat alasan kenapa harus kuliah DKV NPU menurut Arif:

[1] Sudah Terakreditasi B (Baik Sekali) dari Badan Akreditasi Nasio­nal Perguruan Tinggi (BAN-PT)

Untuk sebuah institusi yang meng­awali akreditasi, tidaklah mudah untuk memperoleh Akreditasi B. Tapi bagi Prodi DKV Universitas Nusa Putra, hal tersebut diperoleh berkat pelayanan dan prestasi mahasiswa baik di tingkat lokal maupun nasional.

[2] Walaupun baru tapi sudah berprestasi

Dijelaskan Arif, mahasiswa DKV NPU sukses meraih Juara 1 dan 2 Lomba Logo Pariwisata dan Juara Lomba Film Pendek Kota Sukabumi. Tak ha­nya itu, di tingkat nasional pun prestasi mahasiswa DKV NPU sangat diperhitungkan. Bahkan pada 2017 sukses me­nyabet Juara 1 Kaligrafi tingkat Provinsi Jawa Barat, dan mengulang prestasi yang sama pada awal 2018 ini.

[1] Menjadi narasumber event nasional

Tidak hanya mendulang prestasi, namun pada beberapa event yang digelar di Ban­dung dan Jakarta, mahasiswa DKV NPU diundang untuk menjadi narasumber.

[3] Akreditasi A

Target Prodi DKV NPU ke depan adalah meraih Akreditasi A pada tahun 2023.

Mahasiswa DKV NPU Aktif di Berbagai Komunitas Kreatif

ARIF JOHARI
Dosen dan Kepala Prodi DKV Universitas Nusa Putra

Diakui Arif, militansi dan peran mahasiswa DKV NPU tidak diragukan, terbukti mereka aktif membentuk beberapa komunitas. “Hampir di semua komunitas kreatif di Sukabumi, di sana ada mahasiswa DKV Universitas Nusa Putra.”

Komunitas dimaksud pria yang meraih gelar S1 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Ban­dung itu adalah, Sukabumi StreetArt yang dikomandoi mahasiswa DKV NPU. Sedangkan komunitas lainnya seperti Mesin Suara, Ruang Film Sukabumi, hingga komunitas teater dan seni tradisional.

Menuju Sukabumi Baru Sebagai Kota Kreatif

Arif Johari meraih D-IV da S2 di Institut Tenologi Bandung (ITB) tersebut menjelaskan, Prodi DKV didirikan dengan tujuan mulia, yakni memba­ngun Sukabumi Raya agar diperhi­tungkan dan masuk daftar kota kreatif nasional yang dibangun melalui pondasi akademik, sehingga memiliki konsep terstruktur dalam membangun konsep kreatif itu sendiri.

Hal itu, tambahnya, mengingat Sukabumi merupakan daerah potensial untuk menjadi kota kreatif. Namun sayangnya hingga saat ini belum mendapat sentuhan serius dari akademisi, khususnya yang ada dalam ruang lingkup kreativitas.

“DKV mampu memberi pengaruh besar terhadap perkembang­an kota kretaif. Tidak ada kota kreatif di du­nia yang di dalamnya tanpa melibatkan peran orang-orang disain. Dari seluruh predikat kota kreatif di Indonesia, pasti ada institusi atau perguruan tinggi yang memiliki basis disain.”

Dengan Akreditasi “B” BAN-PT, tilai Arif, modal besar sekali­gus pijakan untuk melompat lebih jauh dan tinggi mewujudkan dan memfasilitasi orang-orang kreatif di Sukabumi Raya.

3 Kelebihan dan Peluang Mahasiswa Lulusan DKV NPU

Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Nusa Putra (NPU) berdiri sejak empat tahun silam, dan sudah menghasilkan 100% lulusan yang terjun di dunia kerja.

Mereka yang terjun di dunia kerja, antara lain menjadi disainer dan visualizer. Namun demikian, ada juga yang mendirikan usaha sendiri seperti creative designer atau konsultan disain, hingga menjadi make up artis.

Berikut adalah tiga kelebihan dan peluang mahasiswa lulusan DKV NPU:

[1] Lulusan DKV NPU berhak menyandang gelar akademik Sarjana Desain (S.Dn), dengan peminatan bidang keahlian: (1) Disain Grafis; Menghasilkan Sarjana Disain yang mampu menghasilkan karya seni dan disain untuk berbagai media cetak, elektronik dan media online. (2) Animasi dan Film; Menghasilkan Sarjana Disain yang mampu membuat video, movie dan motion pictures berkualitas, baik dari segi suara, pencahayaan, angle, dan cerita untuk kebutuhan dunia movie dan film mulai dari advertising agency, production house, broadcast TV media, dan online media. (3) Multimedia; Menghasilkan Sarjana Disain yang mampu membuat disain multimedia interaktif dengan kemampuan pada sisi artistik visual, gameplay dan interaktivitasnya, serta mampu membuat tahapan-tahapan perancangan produk multimedia dari pra produksi, produksi, hingga pascaproduksi.

[2] Mahasiswa Prodi DKV Universitas Nusa Putra mampu menciptakan lulusan yang unggul dan sanggup bersaing di kancah global dengan kekuatan lokal genius dan karakteristiknya.

[3] Mampu menguasai teknologi, baik manual maupun digital, serta mampu menciptakan media komunikasi visual yang sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan zaman.

Cecep Saripudin

Calon Mahasiswa DKV Universitas Nusa Putra

Cecep beralasan memilih kuliah di Universitas Nusa Putra karena mendapatkan rekomendasi dari teman sekaligus kakak kelasnya. “Menurut informasi dari kakak kelas yang kuliah di sini, katanya kampusnya bagus,” ujar remaja kelahiran Sukabumi, 16 Februari 2000 ini.

 

Laela Nurwahidah

Calon Mahasiswi DKV Universitas Nusa Putra

“Karena kampusnya bagus dan dekat dari rumah saya. Selain itu saya lihat sendiri kampusnya juga memang bagus, jadi orang tua juga mendukung saya untuk kuliah di Universitas Nusa Putra,” jelas gadis berkerudung yang lahir di Sukabumi pada 3 Juni 2000 ini.

 

Ridwan

Calon Mahasiswa DKV Universitas Nusa Putra

Remaja yang lahir di Sukabumi, 12 Desember 1999 ini beralasan memilih kuliah di Universitas Nusa Putra karena terdapat program studi yang sesuai hobinya. “Kampusnya bagus dan untuk menyalurkan hobi saya karena di NPU ada jurusan DKV.”

Tags
loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close