Menjaga Sehatnya Pori Pori Wajah Cerminan Cantiknya Wajah

Siapapun mendambakan Tampil cantik terutama bagi kaum Hawa, harga mutlak tak bisa ditawar kalau ini mempengaruhi Profile dan Style apalagi dengan kepercayaan diri, sudah pasti tak bisa ditampik dari berbagai alasan apapun cantik harus jadi no Satu

Cantik adalah impian semua kaum hawa. Namun, berbagai masalah kulit selalu menghantui. Berbagai penyebabnya juga beragam, mulai dari asupan yang tidak sehat, hingga kebiasaan buruk yang selali dilakukan.

Kedua alasan ini memang kerap kali menjadi momok menakutkan. Asupan baik seperti buah dan sayur tentu sangat dianjurkan untuk membuat kulit tetap cantik dan sehat. Apalagi sayur dan buah akan sangat kaya dengan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas.

kebiasaan buruk. Seringkali tampak sepele namun yakinlah akibatnya bisa fatal pada wajah. Salah satu masalah wajah yang sering muncul adalah jerawat. Ya, benjolan merah yang kerap kali menyerang bagian wajah ini memang selalu menjadi musuh kaum hawa. Penampilan akan terganggu saat jerawat muncul di bagian wajah.

Namun sebelum bisa mengatasinya, maka setidaknya bisa mencegah. Salah satu upayanya adalah mengetahui kebiasaan buruk apa saja yang bisa menyumbat pori-pori hingga akhirnya menyebabkan masalah wajah seperti jerawat. Berikut 6 kebiasaan sepele yang bisa membuat pori-pori tersumbat.

Penyebab pori-pori wajah tersumbat

1. Malas membersihkan wajah dari make up

Kebiasaan ini memang kerap kali melanda kaum hawa. Banyak alasan sebenarnya kenapa bisa malas untuk membersihkan make up. Misalnya saja karena pulang malam, sedangkan make up masih tertempel di wajah. Biasanya rasa lelah dan kantuk memang menjadi alasan utamanya.

Namun, jika ingin wajah tetap sehat dan tidak memunculkan berbagai masalah kulit, maka kebiasaan ini haruslah dihilangkan. Membiarkan make up di wajah apalagi dibawa tidur akan menyumbat pori-pori wajah.

Apalagi make up yang mengandung bahan kimia, akan berbahaya bagi kulitmu. Bekas make up yang menempel diwajah, kemudian menyumbat pori, otomatis membuat wajah tidak bisa bernapas dengan baik. Maka kedepannya, jika kebiasaan ini masih sering kamu lakukan, berhentilah dan segera hapus make up mu sebelum tidur, ya.

2. Memakai kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis dan kondisi kulit

Tentu tidak semua kosmetik cocok untuk jenis kulit. Kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis dan kondisi kulit akan memunculkan berbagai masalah kulit yang diawali dengan tersumbatnya pori-pori wajah.

Selain itu, kemungkinan yang lebih serius lagi adalah timbulnya alergi di wajah. Jika masalah ini datang, maka akan berpengaruh besar dengan penampilan dan kesehatan kulitmu,. Jadi jangan sembarangan dalam memilih make up, ya

Sangat penting memang, mengetahui jenis kulit sebelum menentukan jenis makeup yang akan digunakan. Hendaknya, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kecantikan ataupun penjual produk yang akan kamu beli.

Biasanya, mereka memiliki saran dan menyediakan tempat bagimu untuk memilih makeup yang sesuai dengan kulit wajah. Tidak jarang mereka memeriksa dan menanyakan kepadamu masalah-masalah kulit yang dialami sebelumnya. Hal ini tentu akan memudahkan mereka untuk merekomendasikan produk makeup yang cocok untukmu.

3. Sering menyentuh wajah

Hal sepele ini memang sangat sering dilakukan. Biasanya tujuannya tidak lain untuk memastikan dan mengecek kondisi wajah. Ya, para wanita berharap, dengan menyentuh wajah, mereka bisa sedikit membetulkan riasan wajah yabg sedang tertempel di wajah mereka. Namun jangan salah ya guys.

Hal ini malah tidak baik untuk wajah. Tangan yang sejatinya paling banyak melakukan aktivitas dan menyentuh sesuatu, akan memindahkan kotoran ke wajah. Hal ini akan terjadi saat melakukan sentuhan ke area wajah.

Hal ini memang sudah seharusnya dihindari. Akan banyak dampaknegatif bagi kulit yang bisa ditimbulkannya. Saat kotoran dari tangan berpindah ke wajah, maka secara otomatis, kotoran tersebut akan menyumbat pori-pori wajah.

Saat pori-pori wajah tersumbat, maka kemungkinan untuk menimbulkan masalah-masalah diwajah, misalnya saja jerawat akan meningkat dan bisa terjadi dengan cepat. Kotoran yang menyumbat pori akan terus menumpuk dan kemudian bisa membentuk jerawat.

4. Menempelkan layar handphone ke wajah

Kebiasaan yang satu ini tanpa disadari memang kerap kali dilakukan. Biasanya hal ini dilakukan saat menerima telepon. Namun sudah saatnya kamu tahu guys, bahwa layar handphone yang selalu kamu sentuh menggunakan jari tangan akan membawa kuman dan berpindah ke layar smartphone.

Secara otomatis, kotoran ini bisa berpindah saat kamu menempelkan layarnya ke wajah. Maka hal baik yang sebaiknya dilakukan adalah menggunakan earphone, sehingga wajah tidak bersentuhan dengan layar smartphone.

5. Menggunakan sarung bantal yang kotor

Sama halnya dengan layar smartphone yang bisa membuat kotoran berpindah ke wajah, sarung bantal juga bisa mengakibatkan hal yang sama, lho! Hal ini karena debu di kamar yang menempel di sarung bantal dan akan berpindah ke kulit wajah. Saat tidur, otomatis setengah bagian wajah kerap kali menempel pada bantal.

Bahkan secara bergantian pipi kiri dan kanan akan selalu menempel pada bantal karena adanya pergerakan ketika tidur. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengganti sprei kasur dan sarung bantal secara rutin, ya! (*)

Oleh: Asep Candra Abbillah
Staf teknis seksi Promosi kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kab. Sukabumi).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *