Jumlah Kekerasan Seksual Mengerikan

SUKABUMI — Kasus kekerasan seksual di Kabupaten Sukabumi nampaknya masih tinggi. Dari data yang tercatat di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Sukabumi, terhitung dari Januari sampai Juli 2018 tedapat sebanyak 24 kasus.

Rinciannya, pelecehan dan kekerasan seksual sebanyak 18 kasus, 2 kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), 2 kasus trafficking dan 2 kasus lainnya. Kasus tersebut jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya memang mengalami penurunan.

Bacaan Lainnya

Pada 2017 lalu, terdapat sebanyak 54 kasus. Yakni, 30 kekerasan seksual, 4 trafficking, 8 KDRT, 3 kasus Anak yang Berhadapan Hukum (ABH) dan 9 kasus lainya. “Kasus kekerasan seksual memang saat ini masih mendominasi di Kabupaten Sukabumi. Tapi secara keseluruha, kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya mengalami penurunan,” kata Kasi Tumbuh Kembang Anak DP3A Kabupaten Sukabumi, Yudi Irwan kepada Radar Sukabumi, kemarin (14/8).

Menurutnya, fokus pada kekerasan anak sangat penting. Sebab, kekerasan yang dialami anak bukan hanya dirasakan pada saat peristiwa itu terjadi. Tapi, juga menghancurkan kehidupan dan masa depan anak nantinya.

“Sehingga, semua pihak bisa merasa bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya kekerasan pada anak. Kalau semakin banyak angka kekerasan, bisa dibayangkan bagaimana kualitas kehidupan anak dan bangsa,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *