SUKABUMIUNIVERSITAS NUSA PUTRA

RAGAM KEUNGGULAN KULIAH ILMU HUKUM UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Fasilitas penelitian dengan buku bacaan berkualitas internasional, antara lain, dari Harvard University, Oxford University Press, Cambridge University Press dan e-Book yang dapat diakses oleh mahasiswa.

RIDA ISTA SITEPU, SH, MH Dosen Ilmu Hukum Universitas Nusa Putra

Meskipun masih baru, namun Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum Universitas Nusa Putra (NPU) telah mendapat izin operasaional sejak 8 Februari 2018, dan terakreditasi BANPT pada 10 Januari 2018 lalu. Selain itu, Prodi yang diketuai Rida Ista Sitepu, SH, MH., ini menawarkan kelebihan yang tidak dimiliki di perguruan tinggi lain sebagai berikut.

Kuliah 2 Tahun di Dalam dan 2 Tahun di Luar Kampus Sistem perkuliahan yang diterapkan keseimbangan antara education dan experience and actually, di mana mahasiswa semester empat sudah bisa kuliah di luar kampus dengan pola magang, riset, dan student exchange.

Aktualisasi di Luar Kampus Mahasiswa didorong mengaktualisasikan kemampuannya pada semester empat dengan berbagai kegiatan di kampus dan luar kampus.

Bimbingan dan Pendampingan Karier Bimbingan melalui pendampingan karier disesuaikan dengan keinginan dan bakat mahasiswa pada akhir semester agar mahasiswa akan memiliki curiculum vitae sendiri dan sudah dapat membuat application letter sesuai minat dan bakat, seperti di law firm, perusahaan swasta, lembaga negara, atau organisasi nirlaba sebagai staf hukum.

Spesialisasi Hukum pada Akhir Semester Mahasiswa diberi spesialisasi hukum pada akhir semester, seperti advokat, spesialis perburuhan, bidang hukum pidana atau perdata, dan lainnya sesuai keinginan mahasiswa dan masukan mentor karier.

Terintegrasi dengan Kebutuhan Perusahaan Konsep yang terintegrasi dengan kebutuhan masyarakat, instansi swasta, lembaga pemerintahan, perusahaan dalam dan luar negeri, agar menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional.

Kurikulum Fleksibel dan Intensif Kurikulum dirancang menekankan pada penyelenggaraan pendidikan fleksibel dan intensif, mengakomodir kedalaman dan keluasan kajian ilmu hukum nasional dan internasional. Sehingga menghasilkan luaran yang dapat bersaing global, ditunjang kemampuan berbahasa Inggris memadai.

Riset Berkualitas Menekankan pada hasil riset berkualitas yang dapat mengatasi permasalahan hukum pada era digital, melalui solusi-solusi tepat untuk bangsa
dan negara.

Dosen Berkualitas Dosen dan praktisi andal bidang hukum lulusan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dan dunia yang memiliki pengalaman akademis dan praktis, jaringan luas sektor swasta, pemerintahan, legislatif, yudikatif, dan universitas luar negeri.

Laboratorium Penelitian Laboratorium lengkap dengan simulasi sidang, lab komputer, dan lainnya. Fasilitas penelitian dengan dukungan buku bacaan berkualitas internasional, antara lain, dari Harvard University, Oxford University Press, Cambridge University Press dan e Book yang dapat diakses oleh mahasiswa.

Konvesional dan e-Learning Bleanded learning, atau model pembelajaran memadukan pendidikan konvesional dan e-learning, agar mahasiswa dapat belajar dan menghemat waktu kuliah di kampus.

PROFIL LULUSAN DAN PELUANG KARIR

PROFIL LULUSAN
[1] Penguasaan spesifik tatanan hukum Indonesia, ASEAN, dan internasional.
[2] Melakukan penelitian di bidang hukum untuk kepentingan akademis dan praktis
[3] Memberikan legal opinion yang efektif dan efisien kepada klien
[4] Membuat kontrak bisnis
[5] Mengerjakan uji tuntas dari segi hukum (legal due diligence) khususnya yang terkait dengan hukum bisnis
[6] Mewakili klien beracara di persidangan pengadilan dan arbitrase serta untuk melakukan tindakan hukum terkait
[7] Menjadi entrepreneur yang menguasai hukum bisnis (lawyerpreneur)
[8] Menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris secara profesional dalam konteks hukum.

PELUANG KARIR
[1] Sebagai Penegak Hukum (Hakim, Advokat, Jaksa dan Polisi)
[2] Konsultan Hukum (Bisnis, hubungan internasional, keuangan dan lain-lain)
[3] Bagian Legal, HRD, Kerjasama perusahaan dan lain-lain
[4] Notaris dan PPAT
[5] Konsultan Kekayaan Intelektual
[6] Pekerja Sektor Publik (eksekutif, legislatif, dan yudikatif), pemerintah daerah, dan lainnya.

9 KEUGGULAN KULIAH ILMU HUKUM DI NPU MENURUT ADVOKAT SENIOR

Universitas Nusa Putra (NPU) merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang menerapkan model perkuliahan bleanded system dan tiga jalur sistem kelulusan, yakni model magang, riset, dan student exchange.

Memadukan perkembangan keilmuan modern, namun tetap memegang teguh karakter ilmu hukum normatif, terapan, dan preskriptif. Sehingga ilmu hukum bersifat sui generis yang dapat terwujud melalui kajian dan penelitian dalam cakupan luas, beranjak dari hakikat keilmuan yang meliputi dua pendekatan; falsafah ilmu dan teori hukum.

Melenyenggarakan pendidikan ilmu hukum berkualitas, ditunjang materi kuliah yang relevan dengan perkembangan zaman, dosen berkualitas, serta sarana dan prasarana memadai.

Menghasilkan penelitianpenelitian bidang ilmu hukum yang diakui secara internasional, melalui publikasi jurnal-jurnal ilmiah berkualitas, juga melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasinya.

Menghasilkan lulusan cerdas spiritual, emosional, intelektual, dan profesional, serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik lokal, nasional, maupun internasional,dengan cara terus meningkatkan mutu pendidikan ilmu hukum, kualitas pembelajaran pun akan terus ditingkatkan.

Menyelenggarakan sistem organisasi tata kelola program studi kredibel, transparan, akuntabel, dan berkesinambungan, agar menghasilkan tenaga profesional bidang hukum yang memiliki kompetensi, pengetahuan, keahlian, dan sikap unggul.

Menciptaan sistem pembelajaran berkualitas, suasana belajar menyenangkan dan interaksi baik antara dosen dengan mahasiswa, agar terwujud suasana akademik yang kondusif, nyaman, dan mendukung kegiatan pembelajaran dan penelitian.

Mendorong mahasiswa mampu menghasilkan penelitian dan publikasi di jurnal nasional dan internasional secara berkala dan berkualitas, agar tercipta program pengabdian masyarakat berkesinambungan, dan dapat membantu masyarakat dalam mengatasi permasalahan hukum.

Suasana ilmiah dan kehidupan akademik yang sehat, akan mendorong budaya akademik yang kuat. Sehingga akan lahir lulusan yang mandiri dan profesional di bidangnya.

ASYIKNYA MENJADI ADVOKAT

Advokat adalah penegak hukum independen dengan penghasilan tak terbatas, bisa keliling nusantara karena advokat memiliki wilayah hukum di seluruh wilayah NKRI.

KUSWARA, SH., MH

Profesi advokat memang prestisius dan mengasyikan. Tak heran jika Dea Tunggaesti lebih memilih karir pengacara dan meninggalkan dunia hiburan, atau artis Gilbert Marciano yang lebih memilih menjadi pengacara ketimbang menjadi idola remaja. Belum lagi Nadia Saphira, meskipun, selebritis ini memutuskan serius menggeluti karier sebagai advokat.

Nah, bagi kamu yang berminat berprofesi sebagai advokat, memilih Prodi Ilmu Hukum Universitas Nusa Putra (NPU) adalah pilihan tepat. “Karena di Nusa Putra, terdapat para advokat senior yang tergabung di Perhimpunan Advokat Indonesia PERADI. Termasuk saya sendiri,” jelas Dosen Ilmu Hukum NPU Kuswara,SH, MH. kepada Radar Sukabumi.

Dunia advokat, jelas Kuswara lagi, adalah dunia yang asyik dan menarik. “Advokat adalah penegak hukum independen dengan penghasilan tidak terbatas, bisa keliling nusantara karena advokat memiliki wilayah hukum di seluruh wilayah NKRI.”
Selain itu, imbuh Kuswara, sebagai adokat, kita bisa bekerja santai tetapi meghasilkan uang tidak terbatas. “Tapi wajib diingat, menjadi seorang advokat tetap dituntut untuk profesional.”

Lalu, kenapa profesi advokat dinilainya sebagai prestisius?

“Karena advokat bisa berhubungan dengan berbagai kalangan. Dari mulai masyarakat biasa, selebritis, pengusaha, hingga seorang presidenpun, jika bermasalah dengan hukum, pasti butuh advokat,” pungkas pemilik Kantor Hukum Kuswara yang berkantor di kawasan elit SCBD Sudirman, Jakarta ini.

Mengapa Memilih NPU?

HANA MUHAMAD

CALON MAHASISWA ILMU HUKUM

SUDAH ADA YANG BAGUS, KENAPA CARI YANG LAIN?

Saya dari SMK Yasti, Cisaat. Hobi saya berman basket dan pencak silat. Alasan memilih kuliah Ilmu Hukum Universitas Nusa Putra karena kampusnya bagus, jadi kenapa harus mencari universitas lain kalau sudah ada yang bagus.

RINA MARYANA

CALON MAHASISWA ILMU HUKUM

KAMPUS BAGUS REKOMENDASI SUAMI

Alasan memilih kuliah kuliah di sini karena pilihan suami. Suami pastinya merekomendasikan yang terbaik buat saya. Asal sekolah saya dari SMK Al Hudaibiah, Cidahu. Kalau hobi, apaya? Shopping dan berenang deh.

FARAH GHAIBA
CALON MAHASISWA ILMU HUKUM

PROSPEK BAGUS DI UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Hobi saya main sepak bola, asal dari SMA PGRI Cibadak. Kalau alasan memilih kuliah di Universitas Nusa Putra kaena ini perguruan tinggi bagus dan prospek yang bagus. Selain itu, biar cepat mendapat pekerjaan atau peghasilan juga.

 

DANDI ADITY JULIANY
CALON MAHASISWA ILMU HUKUM

CUMA ADA DI UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Saya memilih kuliah Ilmu Hukum di Universitas Nusa Putra, soalnya cuma di sini yang ada Prodi Ilmu Hukumnya di Kabupaten Sukabumi. Asal sekolah saya dari SMA Negeri 1 Parungkuda. Kalau hobi saya maen games.

 

Tags

Tinggalkan Balasan