Komjen Syafruddin Sah Jadi MenPANRB

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin resmi dilantik menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB). Mantan ajudan Jusuf Kalla itu menggantikan Asman Abnur yang mundur dari jabatan tersebut, lantara partainya mendukung Prabowo – Sandi.

Pelantikan Syafruddin dilakukan di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (15/8). Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Bacaan Lainnya

Pelantikan dimulai pukul 10:00 WIB. Syafruddin terlihat menggunakan setelan jas warna hitam dan dasi berwarna merah lengkap dengan kemeja warna putih di bagian dalamnya.

Proses pelantikan diawali dengan pembacaan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kemudian Syafruddin mengulang apa yang dibacakan Presiden.

Pembacaan sumpah jabatan ini selesai sekitar pukul 10:20 WIB. Dilanjut dengan prosesi penandatanganan berita acara pelantikan.

Dalam acara pelantikan ini turut dihadiri pula oleh sejumlah pejabat negara lain. Diantaranya yakni Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri, Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPD RI Osman Sapta Odang (OSO) serta sejumlah Menteri Kabinet Kerja Jokowi lainnya.

Berikut proses pembacaan sumpah jabatan Syafruddin sebagai MenPANRB:

“Sebelum saudara dilantik menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara. Apakah saudara beragama islam?,” tanya Jokowi.

“Islam,” jawab Syafruddin.

“Bersediakah saudara diambil sumpah sesuai agama Islam?” ujar Jokowi.

“Bersedia,” timpal Syafruddin.

“Saya minta saudara mengikuti dan mengulangi kata-kata saya,” kata Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah. Bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan peraturan Perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjungjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggungjawab,” tutur Jokowi diiringi pengulangan oleh Syafruddin.

(sat/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *