Cegah Kebakaran, Pendakian Gede Pangrango Ditutup

SUKABUMI— Sejak tanggal 13 hingga 22 Agustus Pendakian menuju Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), hal tersebut dilakukan pengelola untuk mecegah terjadinya kebakaran hutan akibat oleh prilaku wisatwan yang datang. Selain itu juga pihak pengelola TNGGP akan getol melakukan patroli jalur pendakian yang digunakan para pendaki.

“Pada masa penutupan, ada identifikasi vegetasi dan analisa potensi kebakaran hutan sehingga dapat meminimalisasi risiko terjadinya kebakaran hutan, “jelas Kepala BBTNGGP Wahyu Rudianto dalam surat edarannnya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya sejak keluarnya surat edaran, pihaknya langsung mengirimkan surat ke wilayah Kabupaten Sukabumi, Cianjur maupun Bogor agar jangan sampai ada wisatawan yang nekat melakukan pendakian. Selain mencegah kebarakan, tujuan lain ditutupnya pendakian adalah untuk pemulihan ekosistem, pengamanan kawasan.

“Prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam beberapa waktu ke depan wilayah Gunung Gede Pangrango tidak akan turun hujan sehingga kondisi menjadi kering dan rawan terjadi kebakaran.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, diharapkan para wisatawan dengan minat khusus mendaki bisa untuk mentaati surat edaran tersebut.

Untuk mecegah adanya pendaki ilegal pihaknya pun sudah menugaskan anggotanya seperti dari Polisi Hutan dan meminta bantuan relawan untuk mengawasi pintu masuk dan jalur ilegal yang bisa digunakan untuk menerobos ke jalur pendakian.

“Untuk kawasan wisata lainnya yang berada di sekitar Gunung Gede dan Pangrango seperti curug, Danau Situgunung dan lain-,lain masih dibuka untuk umum,”tandasnya.

Ditempat terpisah Humas TNGGP Ade Bagja H membenarkan bahwa Pihak pengelola menutup pendakian sejak hari ini (kemarin red) “Iya (ditutup 10 hari) oleh pengelola TNGGP,”jelasnya.

Saat ini dirinya dan pihak pengelola juga akan mengevaluasi pengelolaan pendakian selama tahun 2018. Hasil evaluasi ini akan dijadikan sebagai bahan perbaikan terkait pendakian di Gunung Gede Pangrango.

Kegiatan lainnya adalah aksi membersihkan kawasan gunung. Dirinya juga mengimbau para pendaki untuk tetap menjaga kelestarian kawasan TNGGP. Bagi para pendaki yang membutuhkan informasi dapat mengubungi Call Center Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (0263) 519415.

 

(hnd/*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *