11,463 KK Terdampak Kekeringan

SUKABUMI— Memasuki musim kemarau tahun ini, tercatat ada 11,463 keluarga yang berada di 27 Desa terdampak kekeringan.

Berdasarkan data yang diterima koran ini dari Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Usman Jaelani dalam surat laporan sementara kekeringan yang terjadi di Kabupaten Sukabumi menyebutkan, 31,821 jiwa sudah terdampak kekeringan.

Bacaan Lainnya

Data tersebut terbagi dari 13 Kecamatan dari 47 Kecamatan yang ada. Sementara untuk data yang masuk pada laporan terdampak kekeringan meliputi, Kecamatan Gunungguruh, Kabandungan, Waluran, Cikakak, Cibadak, Pelabuhanratu, Lengkong, Warungkiara, Bantargadung, Parungkuda, Cikembar, Ciambar, dan gegerbitung. Untuk jumlah kampungnya sendiri mencapai 91 Kampung.

“Saat ini BPBD, sebagian kecamatan sudah ditangangi dengan mengirimkan air bersih, “ujar Usman dalam rilisnya.

Adapun untuk kebutuhan penanganan bagi warga yang terdampak kekeringan bermacam-macam, mulai yang membutuhkan langsung air bersih, Towren dan selang, hingga Pipanisasi dan Jetpump, hingga sumur bor.

“jadi cara penanganan untuk mencegah kekurangan air bersih bisa dilakukan dengan bermacam-macam, tidak hanya mengirimkan air bersih saja, “jelasnya.

Dibeberapa wilayah sebetulnya masih banyak airnya, namun karena jauh dari pemukiman penduduk dan akses untuk mendapatkan air jauh bisa menyebabkan warga kesulitan air.

“Kesulitan air di Kabupaten Sukabumi bermacam-macam, ada yang benar tidak ada sumber air sekalipun ada yang ada sumber airnya tapi membutuhkan pipanisasi dan alat pembantu lainnya, “tukasnya.

 

(hnd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *