KABUPATEN SUKABUMI

DKM Se-Kabupaten Ikuti Bimtek Sembelih Hewan Kurban

SUKABUMI— Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyembelihan hewan kurban di salah satu hotel di Cikukulu, kemarin (10/8).

Bimtek tersebut, diikuti puluhan pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se Kabupaten Sukabumi. Hal itu, dilakukan agar para DKM ini dapat melakukan penyembelihan hewan kurban dengan memiliki nilai aman, sehat, utuh, dan halal (Asuh).

“Tujuannya Bimtek ini, supaya ternak dan daging kurban bisa bermanfaat serta bisa memberikan nilai Asuh,” kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Pengolahan dan Pemasaran Hasil (K2P2 HP) Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Winda Sri Rahayu kepada koran ini, pada Jumat (10/8).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, pentingnya pengetahuan dan penggunaan metode-metode penyembelihan hewan kurban yang teratur. Teknik penyembelihan bisa mempengaruhi nilai Asuh daging kurban. Nilai Asuh dari daging hewan kurban yang disembelih penting untuk masyarakat yang akan mengkonsumsinya.

Pelatihan ini juga untuk penyebaran informasi di tengah terbatasnya jumlah petugas pemantauan. “Harapan kami, para pengurus DKM ini bisa menularkan, dan sosialisasi kepada yang lain, di lingkungannya masing-masing,” ujarnya.

Sementara, para pengurus DKM diberikan pengetahuan terkait syarat dan penanganan hewan layak kurban sesuai syari. Mulai dari faktor umur, kondisi kesehatan, tidak boleh cacat, juga terkait perlakuan terhadap hewan kurban. Selain itu juga, bagaimana cara merobohkan tubuh hewan, supaya bisa dengan mudah disembelih dan tidak melakukan perlawanan serta ciri-ciri hewan yang tidak layak kurban.

1 2Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close