KABUPATEN SUKABUMI

Tekan Rabies, Ratusan Anjing Divaksin

JAMPANGTENGAH— Untuk menekan terjadinya kasus rabies yang disebabkan oleh gigitan anjing liar, Ratusan anjing rumah dan anjing liar yang berada di Kecamatan Jampangtengah, disuntik anti rabies, kemarin (9/8).

Pemberian vaksin anti rabies (VAR) yang dilakukan Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi ini, akan dan tengah dilakukan selama tiga hari mulai dari Rabu (8/8) sampai Jumat (10/8).

Berdasarkan pantauan koran ini, tim vaksinasi yang terdiri dari dokter hewan dan penyuluh peternakan lapangan (PPL) Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi ini, telah menyasar satu per satu rumah warga yang berada di seluruh desa yang ada di Kecamatan Jampangtengah.

“Selama dua hari ini, kami baru melakukan vakisinasi sebanyak 261 ekor anjing,” jelas Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi Iwan Karmawan kepada Radar Sukabumi, kemarin (9/8).

Vaksinasi yang diberikan kepada hewan pembawa rabies, seperti anjing ini, Dinas Peternakan telah melakukan suntik vaksin di Desa Bantar Panjang sebanyak 35 ekor anjing, Desa Nangerang 26 ekor anjing, Desa Bantar Agung 35 ekor anjing, Desa Bojong Jengkol ada 30 ekor anjing, Desa Bojong Tipar 46 ekor anjing, Desa Cijulang 25 ekor anjing dan Desa Panumbangan 64 ekor anjing. “

Data sementara hasil vaksinasi di Kecamatan Jampangtengah ini, besar kemungkinan akan terus bertambah. Mengingat, letak geografis di wilayan ini sangat luas dan belum terjangkau semua. Apalagi, Kecamatan Jampangtengah sudah masuk dalam kategori rawan penyebaran virus rabies,” paparnya.

Setelah di vaksin, ujar Iwan, para pemilik anjing disarankan supaya tidak memandikan anjing selama satu pekan. Hal tersebut, dilakukan supaya masa pembentukan kekebalan tubuh pada anjing menjadi sempurna.

“Vaksinasi ini perlu diberikan agar hewan anjing tidak menularkan virus rabies,” tandasnya.Sementara itu, Kepala Desa Cijulang Ujang Nuh mengatakan, pihaknya mewakili pemerintah Desa Cijulang sangat mengapresiasi terhadap kinerja Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, yang sudah melakukan vaksinasi terhadap puluhan ekor anjing yang berada di Desa Cijulang.

“Alhamdulillah seluruh anjing peliharaan yang ada di wilayah ini, sudah di VAR oleh Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi. Sehingga warga tidak terlalu cemas dalam penyebaran virus rabies melalui gigitan anjing peliharaannya,” pungkasnya.

 

(cr13/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close