PILPRES 2019POLITIKSUKABUMI

Rematch Prabowo-Jokowi

JAKARTA–Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin sebagai cawapresnya. Sementara Prabowo Subianto berduet dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Bagaimana peta kekuatan kedua pasangan jika bertarung di Pilpres 2019?

Jokowi resmi menunjuk Ma’ruf Amin sebagai pendampingnya di Pilpres mendatang. Ada beberapa alasan mantan gubernur DKI Jakarta itu menujuk kiai yang kini sudah berumur 75 tahun. Diungkapkan Jokowi, alasan dirinya memilih Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu karena dia adalah tokoh agama dengan segudang pengalaman di pemerintahan dan juga sebagai pernah menjadi anggota dewan.

“Ma’ruf Amin adalah sosok utuh sebagai tokoh agama yang bijaksana. Pernah duduk di legislator sebagai anggota DPRD, DPR, MPR dan Wantimpres, Rais Amma PBNU, dan juga Ketua MUI, juga saat ini menjabat sebagai dewan pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP),” ujar Jokowi dalam konfrensi pers di Resto Pelataran, Menteng, Jakarta, Kamis (9/8).

Jokowi juga mengatakan, sosok dirinya dan Ma’ruf Amin adalah perpaduan nasionalis dan religius. Sehingga target merebut hati rakyat Indonesia sebanyak-banyaknya bakal ia lakukan. “Kami saling melengkapi nasionalis-religius, (targetnya) seluruh rakyat Indonesi?a dari Sabang sampai Merauke,” kata Jokowi yang sebelumnya ramai dibicarakan bakal berdampingan dengan Mahfud MD.

Jokowi mengaku dalam memilih Ma’ruf Amin sudah melalui proses yang panjang. Misalnya, meminta masukan dari elemen masyarakat dan dari partai-partai koalisi pendukungnya di Pilpres 2019 mendatang.Selanjutnya pada hari ini, Jumat (9/8), Jokowi bersama dengan Ma’ruf Amin berkunjung ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mendaftarkan capres dan cawapres.

“Jam 09.00 WIB akan daftarkan ke KPU, berangkat dari Gedung Joang 45 menuju ke KPU beserta para ketum, sekjen, dan seluruh relawan,” pungkasnya.Sementara kubu Prabowo pukul 23.30 WIB (9/8) mengumumkan Sandiaga Uno sebagai cawapres mendampingi Prabowo melawan Jokowi-Ma’ruf.

Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno mendeklarasikan diri jadi capres-cawapres yang digelar di kediaman Prabowo, Kertanegara, Kebayoran Baru, Jaksel, Kamis (9/8). Elite PAN dan PKS menyaksikan deklarasi itu.”Gerindra, PKS, dan PAN telah memberi kepercayaan kepada saya dan Saudara Sandiaga Uno untuk maju sebagai calon presiden dan calon wakil presiden Republik Indonesia,” ujar Prabowo.

Koalisi Gerindra-PAN-PKS akan membawa Prabowo-Sandiaga ke Pilpres 2019. Rematch Prabowo-Jokowi jadi kenyataan. Sementara itu, Partai Demokrat (PD) menolak Sandiaga jadi duet Prabowo. PD baru akan membuat keputusan hari ini (10/8). PD jadi satu-satunya partai parlemen yang belum membuat keputusan soal Pilpres 2019.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (9/8) malam.Saat tiba di depan kediaman Prabowo, Sandi tidak berbicara banyak. Memakai baju polo abu-abu, Sandi hanya menyampaikan selamat atas terpilihnya Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin sebagai cawapres pendamping Joko Widodo.
“Selamat Pak Jokowi dan Pak Kiai Ma’ruf Amin,” kata Sandi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi kabar tersebut. Tanpa raut wajah terkejut, Anies mengaku sudah mengetahui cerita di balik jelang hari terakhir pendaftaran capres dan cawapres sejumlah partai politik.“Tapi kalau saya ditanya apakah tahu, saya tahu, saya tahu persis,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (9/8).

Namun, dia belum ingin membeberkan lebih lanjut mengingat saat ini suasana politik tengah bergejolak. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu berjanji akan mengungkapnya jika proses telah selesai.“Jadi nanti ini biar diselesaikan semuanya, nanti saya baru bercerita. Sekarang sedang ada proses, saya tidak ingin ikut komentar sampai semuanya selesai baru saya bicara,” tutur dia.

PAN pun sudah mengetok keputusan untuk mengusung Prabowo. Sedangkan untuk calon wakil presiden (cawapres), PAN mengusung Zukifli dan Ustas Abdul Somad alias UAS. Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin mengatakan, kedua pasangan berpeluang untuk memenangkan kontestasi. Pasalnya, kedua paslon tersebut memiliki basis dukungan yang konkret.

“Peluangnya bisa saling mengalahkan. Jokowi-Ma’ruf basis suara dari kalangan Nahdlatul Ulama dan Prabowo-Sandi dari kalangan Islam kelompok GNPF,” kata Ujang kepada wartawan (9/8).

Ir. H. Joko Widodo
lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961

PENDIDIKAN

Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada (UGM)

JABATAN

Presiden RI ke-7, 20 Oktober 2014-2019

Jokowi adalah Presiden ke-7 Indonesia yang mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Menjadi Gubernur DKI Jakarta sejak 15 Oktober 2012 sampai dengan 16 Oktober 2014. Sebelumnya menjadi Walikota Surakarta (Solo), sejak 28 Juli 2005 sampai dengan 1 Oktober 2012. Dua tahun menjalani periode keduanya menjadi Walikota Solo, Jokowi ditunjuk oleh partainya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), untuk bertarung dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Pada 20 September 2012, Jokowi berhasil memenangi Pilgub Jakarta 2012. Kemenangannya dianggap mencerminkan dukungan populer untuk seorang pemimpin yang “muda” dan “bersih”.

Semenjak terpilih sebagai gubernur, popularitasnya terus melambung dan menjadi sorotan media. Akibatnya, muncul wacana untuk menjadikannya calon presiden untuk Pilpres 2014. Ditambah lagi, hasil survei menunjukkan, nama Jokowi terus unggul. Pada 14 Maret 2014, Jokowi menerima mandat dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri untuk maju sebagai calon presiden.

KH Ma’ruf Amin

Kelahiran, Tangerang, 11 Maret 1943

Pendidikan

-Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang Jawa Timur
-Universitas Ibnu Chaldun Jakarta

Karier

1. Ra’is ‘Aam PBNU (2015-2020)
2. Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (2015-2020)
3. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Hubungan Antar Agama (2010 – 2014)
4. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Kehidupan Beragama (2007-2009)
5. Anggota Koordinator Da’wah (KODI) DKI Jakarta
6. Anggota BAZIS DKI Jakarta
7. Ketua Fraksi Golongan Islam DPRD DKI Jakarta
8. Ketua Fraksi PPP DPRD DKI Jakarta
9. Pimpinan Komisi A DPRD DKI Jakarta
10. Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (pertama)
11. Anggota MPR RI dari PKB
12. Ketua Komisi VI DPR RI dari PKB
13. Ketua Komisi Fatwa MUI Pusat
14. Rois Syuriah PBNU
15. Penasihat Lembaga Bahtsul Masail LBM-PBNU
16. Dosen STAI Shalahuddin Al-Ayyubi Jakarta

Peta Kekuatan Parpol Pendukung Jokowi-Ma’ruf

1. PDIP (109 kursi DPR)
2. Partai Golkar (91 kursi)
3. PKB (47 kursi)
4. PPP (39 kursi)
5. Partai Nasdem (35 kursi)
6. Partai Hanura (16 kursi)
7. PSI (0 kursi)
8. Perindo (0 kursi)
9. PKPI (0 kursi)

H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo

lahir di Jakarta, 17 Oktober 1951

Prabowo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat. Ia menempuh pendidikan dan jenjang karier militer selama 28 tahun sebelum berkecimpung dalam bisnis dan politik. Bersama Hatta Rajasa, ia maju sebagai calon Presiden Indonesia ke-7 di Pilpres 2014.

Masuk Akademi Militer Magelang pada tahun 1970 dan lulus pada tahun 1974 sebagai letnan dua. Prabowo mencatatkan diri sebagai komandan termuda saat mengikuti operasi Tim Nanggala di Timor Timur. Kariernya melejit setelah menjabat Wakil Detasemen Penanggulangan Teror Komando Pasukan Khusus (Kopassus) pada 1983. Merengkuh jabatan Komandan Kopassus pada 1995, selang setahun ia dipromosikan sebagai Komandan Jenderal Kopassus. Pangkat terakhir di militer, Letnan Jenderal (Letjen).

Setelah tidak aktif di militer, Prabowo menghabiskan waktu di Yordania dan beberapa negera Eropa. Ia menekuni dunia bisnis, mengikuti adiknya Hashim Djojohadikusumo yang pengusaha minyak. Bisnis Prabowo meliputi sedikitnya 27 perusahaan yang bergerak di sektor berbeda. Kembali ke Tanah Air, ia berkecimpung di politik. Pada 2008, mengukuhkan pembentukan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Lewat jalur perhimpunan, Prabowo merangkul petani, pedagang pasar tradisional, dan kegiatan pencak silat Indonesia. Selama dua periode, ia memimpin Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) sejak 2004.

Jabatan militer

Tahun Jabatan

1976 Komandan Peleton Para Komando Group-1 Kopassandha
1977 Komandan Kompi Para Komando Group-1 Kopassandha
1983-1985 Wakil Komandan Detasemen–81 Kopassus
1985-1987 Wakil Komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara 328 Kostrad
1987-1991 Komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara 328 Kostrad
1991-1993 Kepala Staf Brigade Infanteri Lintas Udara 17 Kostrad
1993-1994 Komandan Group-3/Pusat Pendidikan Pasukan Khusus
1994 Wakil Komandan Komando Pasukan Khusus
1995-1996 Komandan Komando Pasukan Khusus
1996-1998 Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus
1998 Panglima Komando Cadangan Strategi TNI Angkatan Darat
1998 Komandan Sekolah Staf dan Komando ABRI

Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A.
lahir di Rumbai, Pekanbaru, Riau, 28 Juni 1969

PENDIDIKAN

-Wichita State University, Amerika Serikat,
-George Washington University, Amerika Serikat

PARTAI POLITIK

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra

JABATAN

Wakil Gubernur DKI Jakarta

Saat ini, Sandi Uno juga menjadi jajaran direksi beberapa perusahaan.

-PT Adaro Indonesia
-PT Indonesia Bulk Terminal
-PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia
-Interra Resources Limited
-PT. iFORTE SOLUSI INFOTEK
Pada Mei 2011, membeli 51% saham Mandala Airlines.
Pada 16 April 2015, ia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai salah satu direktur PT Adaro Energy Tbk.
Pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Saratoga Investama Sedaya Tbk, 10 Juni 2015, ia resmi mundur dari jabatannya sebagai Direktur Utama PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG).

-Pendiri perusahaan di bidang keuangan, PT Saratoga Advisor.
-Pada tahun 1993 ia bergabung dengan Seapower Asia Investment Limited di Singapura sebagai manajer investasi sekaligus di MP Holding Limited Group (mulai 1994).
-Pada tahun 1995 Executive Vice President NTI Resources Ltd, Kanada.
-Pada tahun 1997 mendirikan perusahaan penasihat keuangan, PT Recapital Advisors.
-pada 1998 mendirikan perusahaan investasi bernama PT Saratoga Investama Sedaya. Bidang usahanya meliputi pertambangan, telekomunikasi, dan produk kehutanan.
-Hingga 2009, ada 12 perusahaan yang sudah diambil alih oleh PT Saratoga. Beberapa perusahaan pun telah dijual kembali , antara lain PT Dipasena Citra Darmaja, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), dan PT Astra Microtronics.
-Pada 2005–2008, Ketua umum Himpunan pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Kadin.
-Pada 2008 ia dinobatkan menjadi orang terkaya ke-63 di Indonesia dengan total aset 245 juta dollar AS.
-Pada tahun 2009, tercatat sebagai orang terkaya urutan ke-29 di Indonesia menurut majalah Forbes.
-Pada tahun 2011, Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia di peringkat ke-37 dengan total kekayaan US$ 660 juta.

 

Peta Kekuatan Parpol Pendukung Prabowo-Sandiaga

1. Partai Gerindra (73 kursi DPR)
2. PAN (49 kursi)
3. PKS (40 kursi)
4. PBB (0 kursi)
5. Partai Berkarya (0 kursi)
6. Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) (0 kursi)

*Partai Demokrat (61 kursi belum menentukan arah koalisi

 

(ce1/gwn/JPC)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close