EKONOMIKABUPATEN SUKABUMI

Menteri BUMN Dorong Petani Sukabumi Sejahtera

SUKABUMI— Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mendorong para petani Sukabumi sejahtera, dorongan tersebut bukan isapan jempol belaka. Buktinya Metri dari kabinet kerja Jokowi ini mendorong perusahaan negara dalam memberdayakan petani yang berada di sekitar lokasi. Dengan begitu, Rini berharap kesejahteraan hidup para petani bisa semakin meningkat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Rini usai menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang kerja sama penggunaan lahan antara PT Perkebunan Nusantara VIII dengan tiga kelompok tani di Cikaso.

“Saya apresiasi kerja sama antara masyarakat dengan BUMN perkebunan ini. Beberapa bulan lagi saya akan kembali untuk cek langsung hasil cocok tanamnya,” kata Rini pada saat melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi bagian selatan, kemarin (9/8).

Berdasarkan data yang diterima koran ini, ada tiga kelompok tani yang mendapatkan kerjasama dengan perusahaan perkebunan diantaranya Yayasan Ngarumpat Lembut (Ngalem), Kelompok Tani Blok Cayur, dan Kelompok Petani Cikaso Jaya. Diketahui, ketiganya akan mendapatkan akses penggunaan lahan secara gratis di perkebunan Cikaso milik PTPN VIII.

PTPN VIII, Yayasan Ngalem dan Kelompok Tani Blok Cayur akan bekerjasama di kebun Bagjanegara untuk menanam Nilam. Selain itu, mereka pun akan bersinergi untuk melakukan pelatihan dan konservasi di daerah Kebun Bagjanegara. Sementara dengan Petani Cikaso Jaya, PTPN VIII akan bersinergi menanam Palawija dan Kayu.

Kerja sama tersebut bertujuan untuk memudahkan akses lahan bercocok tanam bagi petani sekitar perkebunan milik PTPN VIII. “PTPN VIII menyediakan lahan dan bibit untuk dikelola kelompok tani tersebut. Diharapkan upaya ini dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar,” ujar Rini.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir mendampingi Menteri Rini seperti Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto, Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro, Staf Khusus V Parman Nataatmadja, Staf Khusus III Wianda Pusponegoro, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, Direktur Utama PTPN III Holding Dolly Pulungan dan sejumlah direksi dari Mandiri, Pertamina, BRI, Jasindo, Telkom dan Telkomsel.

Dalam kesempatan ini, Menteri Rini juga turut menyaksikan penyerahan bantuan sosial perusahaan dari sejumlah BUMN yang diperuntukan bagi masyarakat Cikaso.

Bantuan berupa renovasi dua unit rumah ibadah senilai Rp 232 juta dari Pertamina dan BNI, renovasi MCK, sarana air bersih dan bantuan bibit tanaman dari PTPN III senilai Rp58 juta, bantuan renovasi Madrasah Diniyah Cikaso dan SDN Cijaksi dari BRI senilai Rp 125 juta.

Tak hanya itu, PTPN III dan Pertamina juga turut membantu renovasi SDN 3 Mekarsari Kebun Binasari Lendra dan SDN 3 Sancang Kebun Miramare senilai Rp 86 juta.

Untuk menunjang proses pendidikan, Pertamina juga turut memberi bantuan lima taman bacaan untuk kelima sekolah tersebut dengan nilai total sebesar Rp 50 juta. Terakhir BNI juga memberikan bantuan renovasi Mushola dan MCK Desa Sumber Jaya senilai Rp60 juta, serta bantuan pendidikan bagi 50 siswa dengan nilai total Rp25 juta.

 

(hnd/*)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close