KABUPATEN SUKABUMI

Diprotes, PT GWP Akhirnya Bikin Penampungan Limbah

SUKABUMI— Setelah mendapatkan protes dari berbagai kalangan tentang kehadiran PT Gunung Walat Perkasa (GWP) yang melakukan pembuangan limbah ke Sungai Cimahi, akhirnya secara sukarela PT GWP menjawab keluhan masyarakat dengan membuat kubangan penampungan sementara untuk pembuangan limbah.

Berdasarkan penelusuran wartawan koran ini saat ini PT GWP membuat tiga kubangan limbah di Desa Karang Tengah Cibadak. Hal itu dilakukan untuk mencegah pencemaran limbah yang terus menerus dilakukan.

Komisaris PT Gunungwalat Perkasa, Elis Parida mengatakan, saat ini pihaknya tengah berupaya membangun bak penampungan limbah untuk mengendapkannya terlebih dulu sebelum dibuang ke sungai.

“Adapun ukuran bak penampungan yang dibuat yakni 12 kali 20 meter persegi dengan memiliki kedalaman 8 meter,” kata Elis kepada koran ini, (9/8).

Dijelaskan Elis, sebelumnya memang pembangunan bak penampungan ini dengan kedalaman setinggi lima meter. Namun, ketika dilakukan uji coba kejernihan air yang keluar dari peralon tersebut hanya bertahan emapat jam. Sementara, perusahaan beroprasi selama tujuh jam. “Sehingga kami tengah melakukan penggalian untuk memperdalam bak penampungan ini,”ujarnya.

Menurut Elis, pihaknya sudah melakukan pembangunan bak tersebut sudah hampir satu Minggu berlangsung dan melakukan uji coba selama dua hari. Karena, pembuatan bak belum selesai maka untuk sementara waktu perusahaan menghentikan oprasinya.

“Insya Allah pada Sabtu pekerjaan sudah bisa selesai sehingga kami akan kembali melakukan uji coba. Jika masih terdapat lumpur, kami akan terus berupaya melakukan evaluasi,” ucapnya.

Rencananya, perusahaan akan membuat sebanyak tiga bak penampungan dengan beberapa kegunaan. Misalnya, bak penampungan lumpur, bak penampungan pasir dan bak penampungan air.

“Mudah-mudahan dengan uapaya yang saat ini dilakukan air yang dibuang ke sungai tidak terlalu keruh sehingga bisa kembali dimanfaatkan masyarakat sekitar, “imbuhnya.

 

(cr16/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close