Butuh 150 Hektar untuk Bandara

SUKABUMI – Lokasi pembangunan Bandara Sukabumi sudah ditetapkan di Kecamatan Cikembar oleh Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Mega proyek tersebut, rencananya bakal menghabiskan lahan sekitar 150 Hektar.

Pihak Kecamatan Cikembar pun sudah membenarkan hal itu berdasarkan hasil rapatyang sudah dilakukan sebelumnya. Camat Cikembar, Arif Solihin mengaku, sudah beberapa kali mengikuti rapat, namun untuk luasan wilayah mana yang terdampak masih dalam tahap revisi.

Bacaan Lainnya

Tapi khusus lokasi bandara sudah dapat dipastikan berada di Desa Cimanggu, Kecamatan Cikembar. “Untuk landasan bandara informasinya akan dilakukan di Desa Cimanggu. Sementara, untuk wilayah terdampak akan masuk ke wilayah Desa Cikembar dan Desa Sukamaju,” jelas Arif kepada Radar Sukabumi, kemarin (3/8).

Informasi tersebut, diketahui seusai dirinya mengikuti rapat koordinasi soal penjelasan rencana pembangunan bandara yang dipimpin oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perhubungan Jawa Barat dan dihadiri Kepala Dishub Kabupaten Sukabumi, Camat Cikembar dan Kepala Desa Cimanggu, Cikembar serta Kepala Desa Sukamaju di Kantor Disbuh Kabupaten Sukabumi, Jalan Raya Perintis Kemerdekaan, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, pada Selasa, 7 Juli lalu.

“Namun, semua ini baru rencana. Karena kami juga tidak tahu secara jelasnya. Lantaran, rencana pembangunan bandara ini masih dalam proses revisi dan belum terdata dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW),” bebernya.

Meski begitu, pihaknya sebagai pemerintah Kecamatan Cikembar akan terus membantu agar rencana pembangunan yang digagas oleh pemerintah pusat ini, dapat berjalan lancar. “Namun, untuk lokasinya kami belum tahu secara jelas. Sebab, masih dalam proses pengujian dari pusat. Jadi saya tidak tahu berapa luas lahan garapan yang akan masuk pada pembangunan bandara ini,” jelas Arif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *