Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

SUKABUMI – Sebanyak 15 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Widyapuri Mandiri Sukabumi yang tergabung dalam kelompok sembilan, mengikuti Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM).

Mereka melakukan lokakarya awal di Kantor Balai Desa Mekartani, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Rabu (1/8). Kegiatan ini dilaksanakan mulai Senin(30/7) hingga Kamis(2/8).
KKM kali ini mengambil tema “Peran Mahasiswa dalam Pemberdayaan Masyarakat melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi”.

Ketua KKM Kelompok 9 STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi Ginanjar mengatakan, lokakarya awal di desa ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang hak mendapatkan informasi serta transparansi di pemerintahan desa dalam program serta permasalah di desa tersebut.
Dengan demikian, dari lokakarya itu bisa diketahui permasalah di desa serta mendapat masukan dan saran dari unsur tokoh masyarakat, kepemudaan juga masukan serta saran dari warga Desa Mekartani.

“Semoga bisa mendorong pemerintah desa dan terutama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi, untuk dapat lebih peka lagi,”ujar Ginanjar kepada Radar Sukabumi, Kamis(2/8).

Menurutnya, dari hasil aduan masyarakat tentang adanya permasalah di desa itu ditemukan masalah administrasi kependudukan. “Di sana masih banyak yang belum memiliki E- KTP baik yang belum perekaman maupun sudah perekaman, namun secara fisik atau surat keterangan belum diterima warga,”terangnya.

Permasalahan lain, yaitu masih banyaknya warga yang belum memiliki Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran.

“Selain itu, permasalahan pendidikan yang masih kurang adanya ketersediaan sarana dan prasarana bangunan pendidikan baik dari tingkat PAUD, SD, SMP dan SMA/SMK yang baik di Desa Merkatani,”terang pria yang juga mahasiswa Prodi Administrasi Publik Semester 6 itu.

Berbagai permalasalahan yang ada ditemukan mulai dari administrasi, sarana pendidikan hingga ekonomi, membuat tim mahasiswa Kelompok 9 STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi yang sedang memgikuti KKM ini tergugah untuk membantu permasalahan yang ada di kedua desa tersebut.

“Ini menjadi bekal kita sebagai mahasiswa di ilmu sosial dan politik, untuk bisa membantu permasalah warga,”ucapnya.

Ginanjar menyarankan, perlu adanya keseriusan dari aparat pemerintahan desa dan dinas dinas terkait di pemerintahan Kabupaten Sukabumi untuk memperhatikan dan merealisasikan apa yang menjadi keinginan masyarakat Desa Merkatani, Kecamatan Cidadap.

“Semoga KKM di Desa Mekartani ini bisa menciptakan sebuah pengabdian yang mampu menciptakan sejuta manfaat untuk masyarakat,”pungkasnya.

 

(wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *