Lagi, Ekspor 5.600 Ton Bawang Merah

BREBES – Kementerian Pertanian (Kementan) kembali melepas ekspor bawang merah ke Thailand. Brebes merupakan sentra bawang merah terbesar di Indonesia, telah memberikan kontribusi 18,5 persen dari produksi nasional atau 57% dari produksi Jawa Tengah.

Memasukin panen raya Juni-Agustus bawang merah yang dihasilkan petani di Kabupaten Brebes, tak hanya dapat memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Namun komoditas tersebut juga kembali berhasil mengekspor bawang merah ke Thailand, kali ini sebesar 5.600 ton dari target 9.000 ton untuk tahun ini.

Bacaan Lainnya

“Hari ini kami membuktikan lagi kepada dunia, dulu kami impor bawang merah ke Thailand, sekarang kita balikan ekspor ke negara tersebut, ini adalah serangan balik, karena target ekspor naik 100 persen,”ujar Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiaman saat melepas truk kontainer ekspor bawang merah oleh PT Revi Makmur Sentosa, di Brebes, Rabu(1/8).Menurutnya, ini juga mencetak Dolar, seperti arahan khusus Presiden Jokowi.

Mentan mengatakan bersama Dirut Bulog Budi Waseso, Kementan akan bekerja lebih cepat dan siap bekerjasama meningkatkan pertanian Indonesia, serta dengan tegas menolak impor masuk ke Indonesia.“Selama Buwas menjadi dirut kita tidak sering rapat lagi tapi langsung kerja ke lapangan menyelesaikan masalah, lewat SMS saja selesai persoalan kita,” ujar Amran.

Ekspor bawang merah yang terus berlanjut ini membuktikan bahwa Indonesia tidak hanya berhasil mewujudkan swasembada, tapi juga mewujudkan kedaulatan bawang merah. Tercatat, sejak 2016 hingga saat ini, Indonesia sudah tidak lagi mengimpor bawang merah, akan tetapi terus mencatatkan diri sebagai pengekspor bawang merah.

Mentan mengatakan, ekspor bawang merah ke Thailand merupakan prestasi besar pembangunan pertanian di era pemerintahan Jokowi-JK. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2014 Indonesia masih mengimpor bawang merah sebesar 74.903 ton. Pada 2015 total impor sebesar 17.429 ton, tetapi pada 2016 tidak ada impor bawang merah, bahkan mampu mengekspor 735 ton serta pada tahun 2017 Indonesia telah berhasil ekspor 7.750 ton bawang merah naik 93,5 persen.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *