BPBD Nihil Laporan Dampak Kemarau

CIKOLE– Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Asep Suhendrawan mengakui belum menerima laporan bencana akibat dampak dari musim kemarau. Kendati demikian, pihaknya sudah menyiagakan semua personel guna membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“Sampai saat ini kami belum mendapatkan laporan bencana akibat musim kemarau baik tertulis ataupun datang langsung,” aku Asep usai rapat di Gedung DPRD kota Sukabumi, belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, kodisi kemarau diprediksi akan berakhir pada akhir tahun nanti, sehingga pihaknya terus melakukan persiapan yang ekstra. Tidak hanya itu, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan instansi lain seperti Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) untuk dampak kekeringan dan intnasi PDAM soal ketersediaan air bersih.

“Kalau  masalah kekeringan berkaitan dengan area pesawahan kita juga koordinasikan dengan pihak DKP3 dan untuk masalah air bersih juga dilakukan hal yang sama dengan pihak PDAM,”akunya.

Disinggung soal status siaga bencana kemarau, Asep enggan gegabah mengelaurkan staitmennya, pihaknya masih menunggu dari provinsi. Sebab ungkap dia, penetapan status siaga tersebut jika sudah adanya terjadi beberap kejadian bencana.

“Tapi kalau kalau penetapan siaga itu diperbolehkan, artinya kita siaga selama 24 jam dalam menghadapi  musim kemarau ini,”terangnya.

Mengenai potensi kekeringan lahan pertanian termasuk kebutuhan akan air bersih yang disebabkan oleh musim kemarau, Asep  mengungkapkan, ada beberapa wilayah, seperti Kecamatan Baros, Cibeureum, dan Lembursitu.

Namun di wilayah tersebut tidak menyeluruh, hanya saja dibeberapa titik yang mempunyai lahan-lahan pesawahan. Itu yang harus diwaspadai.

“Setiap kecamatan kan memiliki keluarahan, dan satu keluarahan juga belum tentu semuanya mengalami kekekringan, hanya saja yang dianggap memiliki area pertanian saja,”terangnya.
(bal/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *