Saluran Irigasi Cimandiri Diperbaiki TNI

CIKEMBAR– Untuk memaksimalkan saluran air sungai, Anggota Artileri Medan (Armed) 13/2/1 Kostrad bersama warga Desa Hegarmanah, Kecamatan Warungkiara, menggelar karya bakti dengan membuat irigasi di sungai Cimandiri untuk mengaliri lahan pesawahan warga seluas 75 hektare.

Kegiatan ini, merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI kepada warga sekitar. Soalnya, sudah bertahun-tahun lahan pertanian warga di Desa Hegarmanah tidak bisa teraliri air secara maksimal.

Bacaan Lainnya

Sehingga warga tidak bisa melakuka cocok tanam. “Ada 40 anggota dari Yon Armed yang turun secara langsung kelapangan untuk membantu warga melakukan gotong royong agar bendungan air yang akan mengaliri irigasi ke sawah dapat dimanfaatkan kembali,”jelas Pasi 1 Intel Yon Armed 13/2/1 Kostrad, Lettu Arm Dedi F Ginting kepada Radar Sukabumi, kemarin (29/7).

Menurut Dedi, aksi kepedulian TNI dalam membantu warga untuk menikmati air yang didistribusikan ke lahan pertanian, telah mendapatkan sambutan antusias dari semua kalangan.

“Warga merasa senang saat melihat kami membantu pembuatan irigasi. Hal tersebut, bisa dilihat dari banyaknya warga yang turun ke sungai Cimandiri, mulai dari anak kecil, ibu rumah tangga dan lelaki dewasa yang ada di Desa Hegarmanah,” paparnya.

Aksi sosial tersebut, ujar Dedi, akan terus dilakukan anggota TNI dari Batalyon Armed 13/2/1 Kostrad. Hal ini, menunjukkan bahwa kesulitan rakyat yang ada di sekitar merupakan salah satu tanggung jawab TNI yang juga berasal dari rakyat. “Melalui kegiatan ini semoga TNI tetap dicintai oleh rakyat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Hegarmanah, Ade Ruslan mengatakan, pihaknya mewakili pemerintah Desa Hegarmanah mengucapkan banyak terimakasih kepada anggota Yon Armed 13 yang sudah peduli terhadap warganya dengan melakukan gotong royong untuk pembuatan irigasi.

“Lahan pesawah disini, sudah berlangsung 3 tahun tidak bisa digunakan untuk bercocok tanam. Lantaran, tidak teraliri oleh air. Untuk itu, kami memberikan apresiasi dan penghargaan sebesar-besarnya kepada TNI yang sudah membantu kesulitan warga disini,” pungkasnya.(cr13/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *