Diperdagkop Dorong Pabrik Bentuk Koperasi

SUKABUMI– Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diperdagkop UKM) Kabupaten Sukabumi, mendorong pertumbuhan koperasi yang berada di lingkungan pabrik. Hal tersebut, dilakukan agar meminimalisir para karyawan melakukan pinjaman kepada rentenir. Sebab, tak dipungkiri saat ini banyak karyawan yang terlilit hutang pihutang dengan rentenir.

Kepala Diperdagkop UKM Kabupaten Sukabumi, Asep Japar mengatakan, pihaknya sangat mengsuport seluruh pabrik yang berada di Kabupaten Sukabumi agar membentuk koperasi. Sehingga, para karyawan tidak lagi kesulitan ketika hendak meminjam uang. Seperti, di PT Muara Tunggal (MT) yang bergerak di bidang garmen sudah bisa menyalurkan Rp3 miliar untuk pinjaman kepada karyawannya.

Bacaan Lainnya

“Kami sangat antusias dan mendorong koperasi ini untuk bisa meminjamkan kepada karyawannya sehingga bisa menghindari dari rentenir,” kata Asep kepada koran ini, Rabu (25/7).

Lebih lanjut Asep menuturkan, sejauh ini di Kabupaten Sukabumi baru pabrik tersebut (PT Muara Tunggal red) yang terdapat koperasi peminjaman uang. Sehingga, hal itu akan sangat bermanfaat dalam membantu para karyawan yang membutuhkan.

“Koperasi ini bisa menjadi contoh untuk koperasi lainnya di Kabupaten Sukabumi, karena sejauh ini belum ada koperasi peminjaman di pabrik, “ulasnya.

Sementara itu, Manajer Compliance PT Muara Tunggal (MT) Rusdi Budijanto Utomo menjelaskan, pihaknya menyiapkan anggaran sebesar Rp3 miliar untuk peminjaman karyawan dengan jumlah sebanyak 3.367 orang. Sementara, per orangnya paling besar mengajukan dari mulai Rp20 juta sampai Rp30 juta.

“Dalam proses peminjamannya tidak ada syarat khusus yang diminta. Hanya saja, yang hendak meminjam dari Rp20 juta ke atas harus menjaminkan BPKB kendaraan minimalnya, dengan batas waktu hanya selama 10 bulan, “jelasnya.

Menurutnya, dengan adanya peminjaman uang untuk menciptakan kondusifitas di industri tersebut agar para karyawan dapat makmur dan sejahtra. Bahkan, selain meminjamkan uang koperasi ini juga membantu mempasilitasi bagi karyawan yang hendak mengkredit sepeda motor. “Kami harap, ke depan koperasi ini bisa semakin besar dan sejahtra, ” pungkasnya. (cr16/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *