Febriana/Ribka Juara Asia Junior 2018

Pelatih kepala ganda putri Indonesia Eng Hian mengapresiasi gelar juara yang diraih Febriana Dwipuji Kusuma/Ribka Sugiarto di Kejuaraan Asia Junior 2018, Minggu (22/7). Menurut Eng Hian, Febriana/Ribka sudah mengalami kemajuan sesuai program yang ia terapkan.

Febriana/Ribka meraih gelar juara Asia junior 2018 setelah mereka mengandaskan Pearly Koong Le Tan/Ee Wei Toh (Malaysia) dengan skor 12-21 dan 16-21. Ini merupakan gelar perdana mereka sebagai juara Asia junior.

“Progress mereka on track . Ini perkembangan yang bagus untuk mereka dan ganda putri junior yang lain. Tentunya kami berharap mereka bisa main lebih bagus lagi di Kejuaraan Dunia Junior 2018 setelah tahun lalu jadi runner up,” ujar Eng Hian.

Walau demikian, Eng Hian masih menggarisbawahi beberapa hal yang harus diperbaiki Febriana/Ribka.

“Saya melihat mereka harus membenahi faktor-faktor non teknis, seperti bagaimana menghadapi tekanan bermain sebagai tuan rumah, bisa bermain lepas tanpa terbeban harus juara, sampai bagaimana mereka bisa mengeluarkan semua kemampuan mereka di tengah tuntutan masyarakat yang besar,” ujar Eng Hian.

Eng Hian menuturkan, rasa ingin menunjukkan kemampuan di hadapan keluarga, pengurus PBSI, dan orang-orang terdekat lainnya justru menjadi hal yang kerap kali menghambat para pemain bisa bertanding dengan nyaman. Hal inilah yang menimpa ganda putri unggulan pertama Indonesia Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti hingga mereka kandas di babak perempat final.

“Karena terbeban mau tampil maksimal, mereka malah jadi tegang dan malah under perform. Ini yang masih harus dibenahi,” ujar Eng Hian.

(kar/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *