BANDUNG

Iwa: Tiga Langkah Cegah Korupsi

BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa, menjadi keynote speaker dalam kegiatan National Anti Fraud Conference di Trans Luxury Hotel, Bandung, Kamis (19/7).

Ada tiga point yang disampaikan Sekda Jabar ini terkait dengan langkah yang dapat dilakukan pemerintah daerah untuk mencegah praktik korupsi.

Menurut Iwa, langkah yang pertama adalah bagaimana perbaikan tata kelola pemerintah, mulai SKPD, sistem akuntansi keuangan daerah, dan pengelolaan aset daerah.

“Dengan ini pemerintah daerah bisa meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI tujuh kali berturut-turut. Dan hal itu tidak lepas sari bimbingan dari BKPP dan BPK,” jelas Sekda Iwa.

Yang kedua, adalah bagaimana menjalankan program yang sudah tercantum dalam RPJMD. Dengan mengacu pada program tersebut akan menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran.

Dan yang terakhir adalah terkait dengan pengelolaan APBD yang baik. Karena untuk membangun infrastruktur di Jawa Barat tidak cukup hanya mengandalkan APBD, maka dibukalah ruang-ruang investasi.

“Infrastruktur terjadi karena kapitalisasi ekonomi. APBN dan APBD kami terbatas jadi pendekatan kami bisnis. Kuncinya adalah kepercayaan,” pungkasnya.

 

[nie]

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close