BISNISEKONOMI

Jangan Mau Runding Dagang ,,Kalau Amerika Menekan Pakai Freeport

SUKABUMI – Pada 21 sampai 28 Juli ini, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita akan terbang ke Amerika Serikat (AS) untuk melakukan perundingan perdagangan.

Sebelum berangkat, Mendag mendapat pesan dari Ketua DPR Bambang Soesatyo, jangan mau berunding jika AS menggunakan isu divestasi saham Freeport untuk menekan kita.

Perundingan antara Indonesia dilakukan menyusul perang dagang antara China-AS. Perundingan itu akan digunakan Indonesia untuk mempertahankan keistimewaan penerima Generalized System of Preferences (GSP).

Salah satu agenda yang akan dibahas Mendag adalah kenaikan tarif impor besi baja dan aluminium ke AS. Di perundingan itu, Mendag akan bertemu Perwakilan Perdagangan AS atau United State Trade Representative (USTR).

Bambang setuju dengan perundingan ini. Untuk mencegah perang dagang Indonesia dengan AS, kedua negara memang perlu berunding.

Namun, dia tidak ingin di perundingan tersebut AS mampu menekan Indonesia dengan menggunakan isu divestasi 51 persen saham PT Freeport Indonesia, yang saat ini sedang berjalan.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close