OLAHRAGA

Kirab Api Asian Games Diawali dari Yogyakarta

Kirab obor (torch relay) Asian Games 2018 siap dimulai setelah api yang diambil dari India tiba di Lanud TNI AU Adisutjipto, Yogyakarta, kemarin (17/7). Api obor dari India itu dibawa pebulutangkis peraih medali emas bulutangkis Olimpiade 1992, Susy Susanti.

Kedatangan Susy disambut Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubowono X, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Madya TNI Yuyu Sutisna, dan Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Erick Thohir.

Api tersebut kemudian akan diinapkan di Museum Dirgantara pada Selasa malam. Keesokan harinya, tepatnya Rabu (18/7/2018), api obor tersebut dibawa ke Candi Prambanan. Di sana, api tersebut digabungkan dengan api abadi adri Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah.

Menurut informasi dari Panitia Pelaksana Asian Games 2018, INASGOC, setelah dari Prambanan, api akan dibawa ke Pagelaran Keraton Yogyakarta. Api itu diinapkan semalam.

Baru pada keesokan harinya, Kamis (19/7/2018), api obor Asian Games dikirab berkeliling Kota Jogja. Selesai kirab di Tugu Yogyakarta, api akan diserahkan ke INASGOC. Penyerahan api dilakukan Walikota Yogyakarta. Api kemudian dibawa ke Solo, Jawa Tengah.

Kirab obor Asian Games 2018 pada Kamis pagi akan dimulai dari Pagelaran Keraton Yogyakarta, selanjutnya menuju Titik Nol Kilometer, mengarah ke RS PKU Muhammadiyah.

Kirab kemudian mengarah ke Jalan Bhayangkara-Teteg-Jalan Malioboro-Titik Nol-Jalan Senopati-Perempatan Gondomanan-Pojok Benteng Kulon-Ngabean-Ngampilan-Pingit-Tugu Yogyakarta.

 

(net)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close