Curug di Cihaur Menggemaskan

SIMPENAN–Potensi destinasi wisata alam di wilayah Kecamatan Simpenan benar-benar menggiurkan. Baru-baru ini, warga Desa Cihaur menemukan destinasi wisata baru yang belum dijamah wisatawan.

Diantaranya Curug Panutup, Curug Antober, Curug Atin, Curug Canung, Lewi Situ dan Situ Cibolang. Curug ini berada diantara Gunung Pangapungan, Gunung Sangrawayang, Gunung Gedogan, Gunung Masigit dan Leweung Hideng.

Secara geografis, curug ini berada di tengah perkebunan Cihaur yang tentu masuk kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG). Wakil Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Cihaur, Sukardi menuturkan, curug ini baru diketahui sejak tiga pekan terakhir ini.

“Saat ini kita sedang menata jalannya. Paling 100 tangga, dari parkiran motor hanya 100 meteran. Lokasinya tak jauh tapi benar-benar menakjubkan,” kata Sukardi kepada Radar Sukabumi, Selasa (16/7).

Menurut Sukardi, dirinya merintis tempat pariwisata itu bersama Muhammad Enuh Epen Jejen dan Judin. Saat ini, untuk menikmati Curug Panutup tidak dipingut biaya alias gratis. Sebab, infrastruktur akses menuju curug itu masih dalam pembenahan. “Insya Allah ini akan menjadi potensi pendapatan desa. Tentu ini juga melalui musyawarah di desa,” katanya.

Ia berharap, pemerintah bisa membantu agar potensi wisata di desanya itu bisa terkenal seperti Curug Sodong. “Kami juga minta dukungan kepada warga dan pemerintah. Tempat ini akan menjadi ikon Desa Ciwaru,” imbuhnya. Dengan berkembangnya destinasi wisata itu, ia juga merasa optimis akan berdampak kepada peningkatan perekonomian warga Cihaur.

 

(ryl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *