Masih Ada Siswa Belum Pasti Diterima

JAKARTA – Besok adalah hari pertama dimulainya tahun ajaran baru. Namun, carut marut pelaksanaan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sejumlah daerah masih menyisakan persoalan. Misalnya masih ada sejumlah siswa belum jelas nasibnya diterima atau tidak di sekolah negeri.

Persoalan lain, sejumlah SMA/SMK Negeri di Jawa Tengah kekurangan siswa, akibat terbongkarnya SKTM palsu yang kemudian dibatalkan oleh pemerintah provinsi Jawa Tengah.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bidang Pendidikan Retno Listyarti mengungkapkan, sampai Jumat (13/7) sore, pihaknya masih menerima pengaduan dari seorang ibu yang domisili di Tangerang Selatan. Anak belum juga mendapatkan kepastian diterima atau tidak di sekolah negeri pilihannya.

“Dari penjelasan orang tua, di Tangsel sempat beberapa kali server PPDB down. Sebelum server PPDB down nama sang anak masih ada dalam daftar yang diterima.

Namun begitu server kembali aktif, nama anaknya hilang dari urutan siswa yang diterima sesuai kuota. Ketika protes, dijanjikan Senin (16/7) akan ada kepastian sekolah anaknya,” tutur Retno, akhir pekan kemarin.

Orang tua yang bersangkutan tentu saja kebingungan. Karena Senin besok sudah dimulainya tahun ajaran baru. Sementara kepastian sekolah di negeri belum jelas dan belum mendaftar ke sekolah swasta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *