Kota Sukabumi

Koramil Gunungpuyuh Gembleng Ratusan Pelajar

SUKABUMI — Wawasan kebangsaan dinilai perlu diperkuat guna mengokohkan benteng nasionalisme di kalangan pelajar. Untuk itu, Korami 0706/Gunungpuyuh memberikan wawasan kebangsaan kepada sejumlah pelajar di Pondok Pesantren Hayattan Toyibah Jalan Keramat Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, belum lama ini.

Danramil 0706/Gununpuyuh Kapten Inf Joko Susilo mengatakan, pentingnya menannamkan jiwa nasionalisme sejak sedini mingkin. Tugas tersebut tidak hanya aparat saja, melainkan semua elemen memiliki peranan penting untuk mengajarkannya. Terlebih, dalam memberikan pemahaman Pancasila sebagai ideologi bangsa.

“Saat ini para generasi muda harus paham mengenai arti dari Pancasila. Karena merupakan pondasi bagi pelajar sebagai penerus bangsa,” katanya kepada Radar Sukabumi.

Melalui wawasan kebangsaan lanjut Joko, para pelajar juga diberikan pelajaran mengenai rasa memiliki negara. Artinya, setiap generasi ikut dalam usaha bela negara yang tercantum dalam Undang-undang Dasar (UUD) 1945.

“Saat ini kami memberikan materi wawasan kebangsaan tentang bela negara dan emapat pilar kebangsaan. Diantaranya, Pancasila, UUD 45, NKRI serta Bhineka Tunggal Ika,” ujarnya.

Menurutnya, wawasan tersebut menjadi gambaran untuk para pelajar akan pentingnya bela negara yang menjadi hak dan kewajiban seluruh warga negara Indonesia, sebagai komponen cadangan apabila negara mendapat ancaman baik dari dalam maupun dari luar negeri. “Sehingga mampu membela dan mempertahankan kedaulatan Negara,” paparnya.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close