Dermaga Lokal Palangpang Dimulai

SUKABUMI – Rencana pembangunan dermaga lokal di Pantai Palangpang, Kecamatan Ciemas mulai digeber. Kemarin, tim dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar pertemuan dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi membahas soal pembebasan lahan. Rencananya, pembebasan lahan akan dimulai pada awal tahun mendatang.

“Hari ini kami bahas soal pembebasan lahannya untuk pelaksanaan tahun depan. Sesuai dengan rencana, luas tanah yang akan digunakan untuk dermaga ini seluas 5.000 meter persegi,” ujar Kadishub Kabupaten Sukabumi, Thendy Hendrayana kepada Radar Sukabumi, kemarin. Menurut Thendy, pembangunan dermaga lokal ini direncanakan bakal menghabiskan anggaran Rp39 miliar.

Bacaan Lainnya

Pemerintah menargetkan tahun depan pembangunan dermaga ini dimulai.Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, dari anggaran Rp39 miliar itu hanya dialokasikan untuk pembangunan dermaga. Sementara untuk pembebasan lahan dan teknis lainnya, menggunakan anggaran yang berbeda.

Sementara luas tanah ini tidak termasuk pada area yang mencolok ke laut. Rencananya, dermaga ini didesain menyambungkan Kecamatan Ciemas dengan Kecamatan Palabuhanratu. “Pembiayaan proyek ini dari APBD I. Kita berharap tahun depan sudah selesai,” imbuhnya.

Dikatakan Thendy, pembangunan dermaga ini dalam rangka penguatan eksistensi Indonesia di Samudra Hindia. Selain itu juga, rencana tersebut sejalan dengan pengembangan poros maritim dunia dan objek wisata di Kabupaten Sukabumi.

“Dermaga ini nantinya dapat digunakan untuk angkutan perorangan. Seperti wisatawan yang hendak ke Geopark bisa menikmati destinasi wisata laut di kawasan Geoprakt Ciletuh Palabuhanratu,” jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *