Serunya Menelusuri Jejak Serigala Mibu di Kyoto, Jepang

Nama Shinsengumi pernah sangat disegani pada masa akhir kepemimpinan Shogun Tokugawa (Bakumatsu) di Jepang. Hingga kini, popularitas pasukan polisi khusus Kyoto itu belum memudar. Wartawan Jawa Pos MAHARANI WANODYA A.P. menelusuri jejak korps kepolisian yang dipimpin Kondo Isami tersebut dua pekan lalu.

MAHARANI WANODYA

Bacaan Lainnya
MEMORABILIA: Wartawan Jawa Pos di depan Mibudera, kuil yang juga menjadi peristirahatan terakhir 11 anggota Shinsengumi. Foto kanan, makam Kondo Isami, salah satu komandan Shinsengumi.

MASA aktif Shinsengumi memang hanya setengah dekade (1863-1868). Tapi, nama pasukan bentukan Matsudaira Katamori itu terus dikenang sampai sekarang. Sebab, pada masa jayanya, korps berjuluk Serigala Mibu tersebut tak kenal ampun dalam menegakkan hukum Tak hanya kepada pelanggar hukum, tapi juga di internal anggota kepolisian sendiri. Berani melanggar aturan Shinsengumi, konsekuensinya nyawa bisa melayang. Anggota korps tersebut mencapai 400 orang.

Kiprah Shinsengumi tamat seiring runtuhnya pemerintahan Bakufu pada 1868. Meski begitu, saksi bisu sepak terjang mereka masih eksis di berbagai penjuru Kyoto, sampai kini. Dan, jejak-jejak sejarah itu sekarang menjadi salah satu daya tarik wisata bagi turis, baik domestik maupun mancanegara.

Saya tiba di Kyoto pada 30 Juni lalu. Awalnya saya berencana mengunjungi Uzumasa Eigamura (Toei Kyoto Studio Park) dan Ninnaji Temple, lokasi syuting film Rurouni Kenshin. Kebetulan, dua tempat itu berdekatan. Tapi, hati saya terdeviasi setelah melihat ekshibisi film anime (animasi) Peace Maker Kurogane (PMK) karya Chrono Nanae di lobi Uzumasa Eigamura, theme park yang biasa digunakan untuk lokasi syuting serial drama bertema sejarah. Di sebelah lokasi ekshibisi, berdiri minibooth yang dilengkapi stempel mungil plus tumpukan leaflet yang didominasi warna cokelat emas dan biru.

Rupanya, mulai 26 Mei hingga 8 Juli 2018, Uzumasa Eigamura dan jaringan trem Randen mengadakan event kolaboratif. Siapa saja yang berhasil mengumpulkan tujuh stempel yang bermotif tokoh-tokoh sentral film PMK dalam versi super deformed akan mendapatkan badge (lencana) bergambar pasukan Shinsengumi. Badge edisi khusus itu tidak dijual di pasaran mana pun.

Dikompori jiwa fangirl, saya bertekad mengoleksi seluruh stempel yang disebar di lokasi-lokasi yang berkaitan dengan sejarah Shinsengumi dan Randen itu. Hitung-hitung sekalian meresapi kisah Shinsengumi. Dua di antara tujuh stempel tersebut diletakkan di Padio lantai 1 dan 2 Uzumasa Eigamura. Yaitu, stempel tokoh utama PMK Ichimura Tetsunosuke dan Yamazaki Susumu, mata-mata Shinsengumi. Untuk diketahui, seluruh tokoh dalam PMK benar-benar ada di dunia nyata walaupun visualisasinya berbeda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *