Bakesbangpol Kebut Pembangunan Bank Data

BANDUNG – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Barat, terus berusaha mewujudkan sebuah bank data yang berisikan informasi lengkap tentang kabupaten kota melalui sistem aplikasi informasi tekbologi yang sedang dirancang.

Obsesi ini tidak terlepas dari The Pentagon sebuah Gedung Departemen Pertahanan Amerika Serikat di Arlington, Virgina yang memiliki pusat data sangat canggih dan informasi lengkap tentang suatu negara.

“Bicara soal data saya pikir bahasa kerennya, sesuatu yang kita tidak bisa tolak lagi di zaman milenial sekarang dengan kemajuan teknologi informasi yang maju dan canggih,” tandas Kepala Bakesbangpol Jawa Barat R. Ruddy Gandakusumah saat membuka Rapat Pembangunan Sistem Informasi Bakesbangpol dengan tema sinkronisasi data Kesbangpol se Jawa Barat di Aula Pertemuan Hotel San Gria Lembang, Kabupaten Bandung, Rabu (11/7).

Terlebih lanjut Ruddy, posisi Kesbangpol merupakan mata dan telinga kepala daerah di tingkat kabupaten kota dan provinsi. Logikanya, sebagai mata dan telinga menjadi yang pertama kali melihat apapun yang terjadi di pelosok daerah masing-masing.”Nomenklatur Kesbangpol bicara politik, ekonomi, sosial dan budaya yang tidak bisa lepas dari tupokai Kesbangpol sendiri,” katanya.

Ruddy mengingatkan, khusus di Jawa Barat tidak ada kegiatan pembangunan apapun tanpa ada terwujudnya kondusifitas daerah. Bicara kondusifitas tidak bisa dilepaskan dari tupoksi yang dimiliki Kesbangpol kabupaten kota. “Apapun kejadian di daerah hingga tingkat RT/RW serta latar belakang orang (penduduk) disana bisa terdeteksi dengan cepat dan tidak lama,” katanya.

Lebih lanjut Ruddy mengatakan, pihaknya sudah merencanakan bantuan anggaran untuk Kesbangpol kabupaten kota di tahun 2019 mendatang. Karena bicara soal data, bukan hanya untuk kepentingan provinsi saja tapi kabupaten kota tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *