PENDIDIKAN

3.073 Mahasiswa KKN ke 301 Desa

SURAKARTA – Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi (Dirjen PKT) M Nurdin melepas ribuan mahasiswa KKN Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).

Dalam pidato pelepasannya, Dirjen PKT M. Nurdin mengatakan mahasiswa KKN sangat strategik untuk membantu percepatan dan pendampingan serta pemberdayaan desa secara tematik dan integratif.

“Bila ada 4.000-an universitas yang melakukan KKN tematik di desa-desa, khususnya desa tertinggal maka akan sangat bermanfaat untuk kemajuan dan mendukung nawacita ke-3,” katanya.

Seperti diketahui nawacita ke-3 merupakan agenda prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam pembangunan bangsa yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

UNS melalui Unit Pengelola KKN Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) memberangkatkan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata perode IX. Pada periode IX ini tersebar ke dalam 17 Kabupaten di Jawa Tengah, 6 Kabupaten di Jawa Timur, 2 Kabupaten di DIY, 3 Kabupaten di Jawa Barat, dan 25 Kabupaten di Luar Pulau Jawa.

Jumlah total lokasi yang digunakan dalam pelaksanaan KKN periode IX mencakup 301 Desa, 84 Kecamatan, 55 Kabupaten, dan 16 Provinsi baik di Jawa maupun Luar Jawa. “Pada periode ini, UNS memberangkatkan 3.073 mahasiswa dan 151 Dosen Pembimbing Lapangan,” kata Ketua LPPM UNS Prof. Sulistyo Saputro.

1 2Laman berikutnya
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close