Uang Pangkal Minimal Rp70 Juta

Namun, saking tingginya antusiasme masyarakat untuk masuk Unair, banyak yang berlomba-lomba membayar UKA tinggi tanpa melihat kemampuan sang anak.

Di Unair UKA minimal paling sedikit adalah Rp15 juta untuk prodi ilmu sejarah dan fisika. Sementara jumlah minimal tertingginya ada di prodi kedokteran yakni Rp70 juta. Tidak ada batas maksimal yang ditentukan.

Bacaan Lainnya

“Namun kalau ada pemamaham semakin besar sumbangan, peluang lebih besar, itu salah. Tidak ada hubungannya antara besaran sumbangan dan peluang,”katanya.

Jika sumbangan yang dibayar sangat besar, tetapi kemampuan atau nilai hasil seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) rendah, peserta tetap tidak diterima. “Nilai SBMPTN menjadi prioritas,” ujarnya.

Meski harus membayar mahal, pendaftar tetap menggandrungi jalur mandiri. Hingga kemarin, total pendaftar jalur mandiri mencapai 15.137 orang.

Pendaftar paling banyak justru di prodi dengan biaya UKS dan UKA paling tinggi. Misalnya, prodi kedokteran 3.438 orang, kedokteran gigi 2.173 orang, dan farmasi 1.599 orang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *