Lega, Seluruh Pesepak Bola Cilik Akhirnya

MAE SAI – Setelah dua pekan lebih terjebak di dalam gua, seluruh anggota tim sepak bola junior Moo Pa (Babi Hutan Liar) dan pelatih mereka akhirnya berhasil diselamatkan. Tim SEAL Thailand mengabarkan bahwa empat anak terakhir plus sang pelatih telah keluar dari Gua Tham Luang sore tadi, kemarin (10/7).

“Keduabelas ‘Babi Hutan Liar’ dan pelatih telah dikeluarkan dari gua. Semua selamat,” tulis pihak SEAL melalui post Facebook.

Tim yang berisi anak-anak usia 11 sampai 16 itu masuk ke Gua Tham Luang pada 23 Juni lalu. Mereka terjebak setelah hujan lebat menyebabkan jalur ke mulut goa terendam air.

Baru sembilan hari kemudian para korban berhasil ditemukan dua penyelam asal Inggris. Sebelum itu mereka bertahan di dalam gua nan gelap tersebut mengandalkan sisa bekal makanan dan tetesan air dari stalaklit.

Namun masalah belum selesai. Tim penyelamat kesulitan mencari cara yang aman untuk membawa anak-anak itu keluar dari gua. Kontur gua dan air yang masih menggenang jadi tantangan terberat. Tim terpaksa mengajarkan teknik menyelam kepada para korban untuk melancarkan proses evakuasi.

Baru pada Minggu (8/7), tim berhasil mengevakuasi empat anak. Keesokan harinya, empat lagi menyusul. Hari ini semua korban yang tersisa akhirnya bisa diselamatkan.

Kini seluruh korban dikarantina di rumah sakit hingga dokter bisa memastikan mereka tak terkena infeksi selama di dalam gua. Mereka juga akan mendapat pendampingan dari psikolog.

(AFP/dil/jpnn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *