PILPRES 2019

Jokowi Belum Berani Deklarasi

JAKARTA-– Sangat janggal sikap Presiden Joko Widodo dan partai-partai pendukungnya yang belum berani mendeklarasikan pencalonan sebagai Capres 2019-2024.

“Saya heran Jokowi sampai hari ini belum berani mengumumkan pencalonannya bersama pasangannya di Pilpres 2019,” kata Ketua Umum Komite Nasional Rakyat Indonesia Menggugat (Komnas RIM), Effendi Saman, saat memberi kata sambutan dalam acara Ngopi Ngerumpi bertajuk.

“Menakar Arah Koalisi Parpol Pada Pemilu 2019 Pasca Pilkada Serentak 2018” di Jalan Veteran 1, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (10/7).

Menurut aktivis senior ini, koalisi Jokowi sudah memiliki modal yang sangat cukup untuk berlaga di Pilpres. Koalisi terdiri dari PDI Perjuangan, Hanura, Golkar, PPP, PKB, dan Nasdem lebih dari cukup memenuhi syarat presidential threshold sebesar 20 persen kuota kursi DPR RI, atau 25 persen suara nasional Pemilu 2014.

Koalisi pendukung Jokowi berbanding terbalik dengan koalisi pendukung Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, yang hingga saat ini masih terus “pendekatan”. “Saya tidak heran kalau seandainya Prabowo dan calon-calon lain masih coba mengkonsolidasikan (koalisi),” ucap Effendi.

Sementara itu, Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin masih menutup rapat nama yang tokoh dipilih Presiden Joko Widodo sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk pemilu mendatang. Dia hanya memberi sedikit bocoran tentang gambaran figur tokoh tersebut saat berbincang dengan jurnalis di Kompleks Istana Negara, Jakarta pada Selasa (10/7).

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close